Wapres Minta 1.951 Hunian Tetap Korban Erupsi Gunung Semeru Dirawat

  • Share
Wapres Minta 1.951 Hunian Tetap Korban Erupsi Gunung Semeru Dirawat

Radartarakan.co.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau lokasi pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/6/2022). Tercatat total Huntap sebanyak 1.951 unit telah selesai dan sekitar 300 unit sudah dihuni sejak awal Mei 2022.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan Huntap bagi korban erupsi Gunung Semeru belum dihuni seluruhnya karena masih menunggu pembangunan Hunian Sementara (Huntara) yang melekat dengan bangunan Huntap. Saat ini Huntara diupayakan penyelesaiannya dan ditargetkan selesai akhir Juli 2022.

“Saya meminta paling lambat 3 bulan ke depan seluruhnya sudah selesai, termasuk fasiltas pendukungnya sehingga masyarakat sudah bisa masuk dan nyaman,” kata dia.

Ia menambahkan pembangunan Huntap dan Huntara ini merupakan bagian dari upaya pemindahan secara bertahap masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Desember 2021 lalu. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan.

“Kami harap masyarakat bisa merawat Huntap ini dengan baik. Ini adalah salah satu yang perlu kita syukuri bersama dan jangan sampai dijual,” tutur Wapres.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan untuk konstruksi bangunan Huntap yang dibangun Kementerian PUPR sebanyak 1.951 unit telah selesai seluruhnya. Huntap dibangun berukuran 6 x 6 meter pada tanah seluas 10×14 meter untuk setiap Kepala Keluarga (KK) dan menyatu dengan huntara.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Wapres #Minta #Hunian #Tetap #Korban #Erupsi #Gunung #Semeru #Dirawat

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.