Wamenkumham Tegaskan Pengesahan RKUHP Tidak Dilakukan Terburu-buru

  • Share
Wamenkumham Tegaskan Pengesahan RKUHP Tidak Dilakukan Terburu-buru

Radartarakan.co.id – Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej memastikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tidak akan disahkan dalam waktu dekat. Dia menyebut, sampai saat ini masih ada perbaikan dalam RKUHP.

“Enggak enggak. Karena minggu depan sudah reses, sementara kita masih memperbaiki draf,” kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6).

Eddy tak memungkiri, masih banyak kesalahan redaksi dalam RKUHP. Sehingga hal ini harus diperbaiki secara rinci.

“Masih banyak typo. Kemudian, harus mensinkronkan antara batang tubuh dan penjelasan,” ucap Eddy.

Bahkan, pihaknya juga masih membahas terkait sanksi pidana dalam RKUHP. Hal ini tak dipungkiri merupakan substansi yang krusial, sehingga membutuhkan perbaikan yang jelas.

“Jadi sanksi pidana ini kita harus mensinkronkan supaya tidak ada disparitas,” ucap Eddy.

Dia memastikan, Pemerintah secara cermat menyusun RKUHP. “Memang yang betul-betul kami mencermati itu persoalan revisi ini, misalnya ya mengenai kejahatan terhadap kesusilaan ini jangan sampai dia tumpang tindih dengan UU TPKS yang sudah disahkan,” pungkas Eddy.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, pihaknya belum mengagendakan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Namun, Dasco mengakui sudah menerima surat dari Komisi III DPR agar RKUHP dapat disahkan dalam Paripurna DPR RI.

“Kalau jadwalnya besok emang belum ada,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/6).

Dasco menyampaikan, pihaknya saat ini masih mengkaji soal pembahasan RKUHP. Terlebih memang, RKUHP ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Pimpinan DPR sedang mengkaji apakah kemudian itu akan langsung diteruskan kepada pemerintah yang kemarin ditigaskan melakukan sosialisasi terkait RKUHP, atau kemudian mau dirapatkan dulu antar pimpinan,” tegas Dasco menandaskan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan



#Wamenkumham #Tegaskan #Pengesahan #RKUHP #Tidak #Dilakukan #Terburuburu

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.