Wacana Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Memberatkan Warga

  • Share
Peringatan Hari Lahir Pancasila, Konser Virtual hingga Bendera Raksasa

Radartarakan.co.id – Ketua Daya Tarik Wisata (DTW) Magelang Edwar Alfian menuturkan, banyaknya pemberitaan yang tersebar menjadi bola liar bagi masyarakat dan para pelaku wisata.

“Saya sejak kemarin sudah dihubungi biro dan agen perjalanan wisata. Saya belum bisa menjawab. Itu yang mengeluarkan statement kan Pak Luhut. Beritanya juga heboh,” katanya seperti dikutip Radar Jogja (Jawa Pos Group), Senin (6/6).

Dengan adanya pemberitaan wacana penetapan tarif itu, ia juga mendorong kepada pihak TWC (Taman Wisata Candi) agar segera membuat klarifikasi terkait statement Luhut. Agar kemudian tidak menjadi bola liar. Terlebih, harga Rp 750 ribu itu untuk naik ke struktur candi.

Menurutnya, banyak masyarakat yang asal mengutip pernyataan Luhut tanpa pemahaman yang jelas. Padahal, jika dipahami dengan betul, pernyataan Luhut mengatakan baru sepakat dan berencana. Belum menjadi keputusan, sehingga hal itu dinilai baru wacana dan belum menjadi keputusan akhir.

Edwar menambahkan, rencana penetapan tarif tentu akan berdampak pada tingkat kunjungan ke Candi Borobudur, lantaran dinilai memberatkan dan mahal. Hal itu juga akan berdampak pada kunjungan ke destinasi lain maupun desa-desa wisata di sekitarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Sleman yang sedang berkunjung di kawasan Mendut Sigit Artanto mengaku kaget dengan viralnya tiket naik ke stryktu Candi Borobudur seharga Rp 750 ribu di berbagai media sosial. Ia sendiri akan mempertimbangkan untuk berkunjung ke kawasan itu. “Untung sudah pernah ke sana. Jadi ndak penasaran,” katanya singkat.

Namun demikian, ia jadi tidak bisa mengajak keluarganya untuk melihat langsung kemegahan candi Buddha terbesar di dunia itu. “Ya, sementara anak-anak ditontonkan Youtube saja dulu,” sindirnya.



#Wacana #Tiket #Naik #Candi #Borobudur #Ribu #Memberatkan #Warga

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.