Usai Omicron BA.4 dan BA.5, Ahli Khawatir Varian BA.2.75 Lebih Menular

  • Share
Usai Omicron BA.4 dan BA.5, Ahli Khawatir Varian BA.2.75 Lebih Menular

Radartarakan.co.id – Virus Korona terus bermutasi. Setelah sebelumnya muncul Omicron beserta turunannya yakni BA.2 hingga BA.4 dan BA.5, kini muncul lagi Omicron varian BA.2.75. Ahli khawatir mungkin varian ini dapat menyebar dengan cepat dan menghindari kekebalan dari vaksin dan infeksi sebelumnya.

Belum apakah itu dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius daripada varian Omicron lainnya, termasuk BA.5 yang menonjol secara global. Ahli belum berani berspekulasi.

“Masih terlalu dini bagi kami untuk menarik terlalu banyak kesimpulan,” kata Direktur virologi klinis di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Matthew Binnicker, seperti dilansir dari TIME, Selasa (12/7).

“Tapi sepertinya, terutama di India, tingkat penularannya menunjukkan peningkatan eksponensial,” tambahnya.

Belum diketahui apakah varian itu akan mengalahkan BA.5.
Mutasi terbaru ini telah terdeteksi di beberapa negara bagian yang jauh di India. Varian itu juga telah terdeteksi di sekitar 10 negara lain, termasuk Australia, Jerman, Inggris, dan Kanada. Dua kasus baru-baru ini diidentifikasi di Pantai Barat AS. Dan Helix mengidentifikasi kasus AS ketiga minggu lalu.

Dapat Menurunkan Antibodi dari Vaksin
Kekhawatiran lain adalah bahwa perubahan genetik dapat membuat virus lebih mudah melewati antibodi atau protein pelindung yang dibuat oleh tubuh sebagai respons terhadap vaksin atau infeksi dari varian sebelumnya. Tetapi para ahli mengatakan vaksin dan booster masih merupakan pertahanan terbaik melawan Covid-19 yang parah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Usai #Omicron #BA4 #dan #BA5 #Ahli #Khawatir #Varian #BA275 #Lebih #Menular

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.