Upayakan Jatah Zamzam 10 Liter Per Jemaah

  • Share
Gagal Berangkat, 25 Jemaah Haji Furoda Jannah Firdaus Minta Refund

Radartarakan.co.id – Hingga hari keempat pemulangan jemaah haji, temuan air zamzam dalam koper masih terjadi meski jumlahnya berkurang. Sebagian jemaah ingin membawa tambahan di luar jatah 5 liter yang sudah disiapkan setibanya di asrama haji embarkasi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan, larangan membawa cairan dalam bagasi sesuai dengan regulasi keselamatan penerbangan. Meski demikian, pihaknya juga memperhatikan aspirasi jemaah yang ingin mendapatkan air zamzam lebih banyak.

Dalam waktu dekat, Hilman akan bertemu dengan otoritas Saudi yang mengurusi air zamzam. ”Kira-kira jemaah haji Indonesia bisa ditambah menjadi 10 liter itu atau enggak,” kata Hilman di sela peninjauan layanan jemaah di Hotel Safwat Al Sharooq, Raudhah, Makkah, kemarin (18/7).

Jika tidak memungkinkan tahun ini, lanjut dia, tambahan air zamzam untuk jemaah Indonesia itu bisa diberlakukan musim haji tahun depan. ”Kami paham keinginannya (jemaah, Red). Kami coba negosiasikan. Kalaupun tidak tahun ini, mudah-mudahan tahun depan bisa 10 liter,” terang Hilman.

Pada bagian lain, Kemenag mengimbau jemaah haji tidak bepergian ke kota-kota lain di luar kota perhajian. Plh Kepala Biro Humas, Informasi, dan Data Kemenag Wawan Djunaedi menegaskan, pemerintah Saudi menetapkan kawasan atau kota perhajian hanya dua. Yaitu, Makkah dan Madinah.



#Upayakan #Jatah #Zamzam #Liter #Jemaah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.