Umumkan 1 Syawal Jatuh pada 2 Mei, PBNU Minta Tetap Patuh Prokes

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin Pon (2/5). Keputusan itu tertuang dalam ikhbar nomor: 276/C.I.34/05/2022, tertanggal 1 Mei 2022.

Surat ikhbar yang ditujukan kepada para pimpinan PWNU dan PCNU Se-Indonesia itu ditandatangani Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekjen Saifullah Yusuf, Rais Aam KH Miftakhul Akyar, dan Katib Aam KH Ahmas Said Asrofi.

Keputusan tersebut mengacu hasil rukyatul hilal di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah PBNU pada Minggu (1/5). Dari hasil rukyatul hilal di beberapa lokasi, sudah berhasil melihat hilal. Dasar rukyatul hilal tersebut itu sesuai dengan pendapat al-mahzab al-Arbaah.

‘’Kepada warga NU dan umat Islam pada umumnya, kami sampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan penuh suka cita dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Mohon maaf lahir dan batin,’’ kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan pengurus lain seperti dalam surat ikhbar yang diterima Jawa Pos, Minggu (1/5).

Dalam surat ikhbar PBNU itu juga berisi doa. ‘’Semoga ibadah puasa kita dan rangkaian ibadah lainnya selama bulan Ramadan diterima Allah SWT, serta semoga amaliyah bulan Ramadan dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.’’

Sebelumnya, dari hasil rukyatul hilal LFNU di beberapa lokasi memang berhasil melihat hilal. Salah satu di antaranya di Balai Rukyat Condrodipo Gresik. Ketinggian hilal sudah lebih dari 4,44 derajat dengan sudut elongasi 6,35 derajat, mulai pukul 17.25 WIB.



#Umumkan #Syawal #Jatuh #pada #Mei #PBNU #Minta #Tetap #Patuh #Prokes

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *