Turunkan Stunting, Kemendikbudristek Fokus Pemenuhan Gizi Anak

  • Share
Turunkan Stunting, Kemendikbudristek Fokus Pemenuhan Gizi Anak

Radartarakan.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut serta menurunkan angka stunting di Indonesia. Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 mencatat bahwa 24,4 persen balita di Indonesia berada dalam kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi. Artinya, satu dari empat balita mengalami permasalahan gizi kronis.

Di sisi lain, pemerintah telah menentukan target prevalensi stunting pada angka 14 persen pada tahun 2024. Untuk itu, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bekerja sama dengan PT Abbott Products Indonesia mendukung program pendidikan kesehatan dan nutrisi dalam upaya penurunan stunting di Indonesia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Muhammad Hasbi dan Presiden Direktur PT Abbott Products Indonesia, Angelico Lagundi Escobar.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengukuran tumbuh-kembang secara teratur, intervensi gizi yang tepat, dan pemberdayaan institusi PAUD. “Kami menyambut baik kerja sama ini dan sangat mengapresiasi PT Abbott Products Indonesia yang secara bersama-sama mencari penyelesaian terhadap berbagai persoalan bangsa, termasuk terhadap kasus stunting,” kata Hasbi, Senin (20/6).

Hasbi mengatakan, stunting tidak hanya memberi dampak pada pertumbuhan fisik, melainkan juga menghambat perkembangan kognitif. Karena itu, kekurangan gizi kronis, terutama pada periode emas masa pertumbuhan, menjadi ancaman besar bagi kualitas sumber daya manusia yang berpotensi menurunkan daya saing.

“Investasi pada usia dini merupakan investasi bernilai paling tinggi. Stunting adalah permasalahan multidimensional yang memerlukan kerja sama multipihak dalam upaya pencegahan dan intervensinya,” jelasnya.

Hasbi berharap kerja sama ini menjadi contoh dan acuan untuk sektor perusahaan lainnya agar bersama-sama dengan pemerintah dapat bahu-membahu menghadapi berbagai persoalan yang ada di Indonesia. “Terutama terkait dengan persoalan bagaimana meningkatkan kualitas SDM dengan melakukan percepatan penurunan angka stunting,” tandasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Turunkan #Stunting #Kemendikbudristek #Fokus #Pemenuhan #Gizi #Anak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.