TNI AL Kerahkan KRI Jaga Perairan RI, Kapal Asing Masih Boleh Masuk

  • Share
TNI AL Kerahkan KRI Jaga Perairan RI, Kapal Asing Masih Boleh Masuk

Radartarakan.co.id – TNI AL mengerahkan banyak kekuatan untuk menjaga perairan Indonesia. Terdapat 50 KRI yang diperkuat dan 5 ribu prajurit matra laut.

Kebijakan dari KSAL Laksamana Yudo Margono itu mendapat dukungan dari publik. Pengamat maritim dari National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi mengatakan, dampak operasi TNI AL itu membuat pencoleng di laut menjadi gerah.

“Dalam operasi itu TNI AL juga harus tahu batas kewenangan. Sebab, di laut banyak juga institusi atau instansi yang memiliki kewenangan sebagai penegakan hukum,” ujar Siswanto Rusdi di Jakarta, Minggu (19/6).

Menurut Siswanto, operasi yang dilakukan TNI AL sebagai upaya menaikkan integritas nasionalisme. Namun, operasi itu jangan disalahartikan bahwa kapal asing tidak boleh masuk. Kapal asing masih boleh masuk asalkan memenuhi aturan.

“Apa gunanya pelabuhan-pelabuhan yang dibuat, jika kapal asing tidak boleh masuk perairan Indonesia. Sementara dokumen dan persyaratan telah dipenuhi kapal asing,” imbuhnya.

Siswanto pun berharap operasi sapu bersih itu juga menjadi momentum untuk bersih-bersih di internal TNI AL. Berikan hukuman yang maskimal bagi oknum yang melakukan pelanggaran.

Pendiri Perkumpulan Ahli Keselamatan dan Keamanan Maritim Indonesia (AKKMI) Capt. Marcellus Hakeng mengatakan, operasi bersih yang digelar TNI AL merupakan menegakkan UU Pelayaran No. 17 tahun 2008.

Marcellus menambahkan, ada atau tidak adanya kasus yang mencoreng TNI AL tersebut maka pihaknya berharap operasi sejenis terus dilaksanakan. Karena, dua pertiga wilayah Indonesia adalah perairan. Kehadiran TNI AL dan aparat penegak hukum lainnya di wilayah NKRI sangat dibutuhkan guna menjaga kedaulatan NKRI.

Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menuturkan, 50 40 KRI dan 5 ribu prajurit yang ikut menggelar pengamanan di wilayah perairan.



#TNI #Kerahkan #KRI #Jaga #Perairan #Kapal #Asing #Masih #Boleh #Masuk

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.