Tiket Wisatawan Lokal Tak Naik

  • Share
Tiket Wisatawan Lokal Tak Naik

Radartarakan.co.id – Kenaikan harga tiket wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya, harga kenaikannya itu mengalami perubahan signifikan untuk wisatawan domestik, dari sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 menjadi Rp 750.000 per orang.

Terkait itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih mengkaji kenaikan tersebut. Apalagi saat ini keadaan ekonomi sedang dalam keadaan berat, seperti biaya hidup yang semakin tinggi sampai harga bahan pokok naik.

Maka dari itu, menurutnya perubahan harga tiket ini perlu dikaji lebih mendalam dan diperlukan empati yang dapat mensinergikan dengan keadaan yang kini dialami oleh masyarakat. Sementara itu, ia juga memastikan harga tiket masuk wisatawan lokal sampai Pelataran tidak akan dinaikkan, yakni tetap Rp 50.000.

“Masyarakat baru saja keluar dari pandemi, pariwisata yang baru saja melihat kembali, ekonomi yang baru saja bangkit kembali. Kami sangat mengerti dan juga ingin meluruskan bahwa tiket wisatawan nusantara itu tidak mengalami kenaikan,” tutur dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (6/6).

Saat ini, pihaknya menerima banyak sekali masukan dari berbagai elemen masyarakat, baik dari dalam dan luar negeri. Adapun, Candi Borobudur sendiri juga tidak hanya akan dijadikan sebagai lokasi wisata saja, tapi lebih dari itu.

“Harapan kita memang Borobudur ini adalah sebuah destinasi wisata, tapi lebih dari destinasi wisata, candi ini adalah peradaban kita. Tentunya juga ada aspek edukasi karena pelajar study tour,” imbuhnya.

Sebelumnya, Luhut mengatakan akan melakukan pembatasan pengunjung Candi Borobudur. Jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi wisata tersebut dibatasi 1.200 orang per hari.

”Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah,” kata Luhut dari akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan dikutip Radartarakan.co.id, Minggu (5/6).



#Tiket #Wisatawan #Lokal #Tak #Naik

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *