Indeks

Tiba di Indonesia, 13 Jemaah Haji Positif Covid-19

  • Share
Tiba di Indonesia, 13 Jemaah Haji Positif Covid-19

Radartarakan.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) mencatat ada 13 orang dari 11 ribu lebih jamaah haji yang tiba di Indonesia positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes PCR terhadap jemaah yang menimbulkan gejala.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief mengatakan, sejauh ini pemerintah belum mengeluarkan kebijakan tes antigen untuk seluruh jemaah yang pulang. Tes hanya dilakukan untuk jamaah yang sakit.

“Sampai saat ini kita belum mengeluarkan kebijakan untuk tes kepada seluruh Jamaah, sebagaimana skenario dulu bahwa tes mungkin dilakukan bagi jamaah yang kedapatan sakit atau mendapatkan gejala-gejala yang memiliki indikasi sama dengan Covid,” kata Hilman kepada wartawan, Rabu (20/7).

“Selama jamaah itu sehat walafiat dan segar bugar, kita tidak melakukan tes hingga saat ini,” sambungnya.

Hilman menjelaskan, ketika tiba di Indonesia, tidak semua embarkasi juga melakukan tes antigen terhadap seluruh jamaah haji. Meski demikian, sudah ada edaran dari Kementerian Kesehatan bahwa agar jamaah yang sudah sampai ke Indonesia dapat mengontrol kesehatan dirinya.

Memang tidak ada karantina, namun selama 21 hari mereka tetap dapat mamantau perkembangan kesehatannya sendiri. “Bila ada gejala-gejala, langsung bisa ke tenaga kesehatan,” ujar Hilman.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Tiba #Indonesia #Jemaah #Haji #Positif #Covid19

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version