Terkendala Anggaran, Pembelian Jutaan Dosis Vaksin PMK Tertunda

  • Share
Fraksi Gerindra DPR Dorong Pemerintah Bentuk Satgas Tangani Wabah PMK

Radartarakan.co.id–Sedianya tiga juta dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) masuk ke Indonesia pekan kedua Juni. Tetapi ternyata rencana tersebut sulit terwujud. Pasalnya sampai saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) kekurangan anggaran untuk pengadaan vaksin itu.

Dalam rapat bersama dengan Komisi IV DPR di Jakarta, Senin (13/6), terungkap bahwa anggaran pembelian 3 juta dosis vaksin itu mencapai Rp 180 miliar. Selain itu Kementan juga membutuhkan total anggaran Rp 4,4 triliun untuk penanganan pandemi PMK secara keseluruhan.

’’Beli tiga juta dosis (vaksin PMK) itu dari mana?’’ tanya Ketua Komisi IV DPR Sudin.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Nasrullah mengatakan, 800 ribu dosis vaksin PMK dibeli dengan anggaran Rp 80 miliar. Uangnya dari hasil refocusing anggaran di internal Kementan. Yang jadi persoalan adalah anggaran Rp 100 miliar untuk impor 2,2 juta vaksin sisanya.

Sampai rapat kemarin digelar, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum mengeluarkan keputusan mengabulkan anggaran pengadaan vaksin PMK tersebut.

Pada rapat tersebut, Nasrullah juga menuturkan, Food and Agriculture Organization (FAO) akan memberikan bantuan 110 ribu dosis vaksin. Tetapi sampai saat ini belum ada MoU atau pembicaraan lebih lanjut soal bantuan vaksin tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Hilmi Setiawan/JPK



#Terkendala #Anggaran #Pembelian #Jutaan #Dosis #Vaksin #PMK #Tertunda

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *