Tak Hanya Dewasa, Anak-Anak Juga Harus Waspada Penularan Cacar Monyet

  • Share
Cacar Monyet Didominasi Pria Penyuka Sesama Jenis, Begini Kata Ahli

Radartarakan.co.id – Di tengah penyebaran infeksi wabah cacar monyet dengan cepat di dunia, umumnya didominasi oleh pasien pria. Akan tetapi anak-anak pun juga diminta untuk tetap waspada.

Dilansir dari India.com, Minggu (29/5), Dewan Penelitian Medis India (ICMR) telah mengeluarkan peringatan pada anak-anak kecil yang lebih rentan terhadap penyakit ini karena gejalanya harus dipantau. Sejauh ini, 226 kasus cacar monyet telah dilaporkan dari 21 negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Jumat bahwa hampir 100 pasien yang dicurigai telah dilaporkan dari negara-negara di mana cacar monyet tidak umum ditemukan.

Wabah Cacar Monyet 2022
Wabah cacar monyet yang sedang berlangsung dikonfirmasi pada 6 Mei ketika seorang warga Inggris yang, setelah bepergian ke Nigeria. Pasien menunjukkan gejala yang sesuai dengan cacar monyet pada 29 April 2022.

Warga Inggris itu kembali ke Inggris pada 4 Mei, dan menciptakan kenaikan kasus. Sejak 18 Mei dan seterusnya, kasus dilaporkan dari semakin banyak negara dan wilayah, terutama di Eropa, diikuti oleh Amerika Utara dan Selatan, Timur Tengah, dan Australia.

Didominasi Pria Gay
Spanyol diyakini menjadi pusat wabah cacar monyet tahun ini. Hingga Jumat, 98 kasus telah dilaporkan dari Spanyol. Pada saat yang sama, 106 pasien di Inggris dan 74 di Portugal berada dalam cengkeraman penyakit langka ini. Selain itu, monkeypox telah menyebar ke banyak negara termasuk Kanada, Belgia, Prancis, Jerman, Australia, Israel, Italia, dan Amerika.

Penasihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dr. David Heyman mengatakan kepada kantor berita AP bahwa alasan penyebaran infeksi cacar monyet di antara pria gay bisa menjadi dua pesta seks gay di Spanyol dan Belgia. Monkeypox bukanlah penyakit menular seksual (PMS). Namun, mendekati orang yang terinfeksi saat berhubungan seks dapat menyebarkan penyakit.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Tak #Hanya #Dewasa #AnakAnak #Juga #Harus #Waspada #Penularan #Cacar #Monyet

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.