Tak Hanya Destinasi Wisata, Candi Pawon Jadi Magnet Perayaan Waisak

  • Share
Tak Hanya Destinasi Wisata, Candi Pawon Jadi Magnet Perayaan Waisak

Radartarakan.co.id – Jika berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, Anda akan menjumpai salah satu peninggalan agama Buddha yakni Candi Pawon. Candi ini diperkirakan dibangun bersamaan pada pertengan abad ke 8 Masehi yaitu bersama dengan Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Prambanan. Karena itu tak heran, selain menjadi destinasi wisata yang indah, candi ini juga menjadi pusat perayaan Trisuci Waisak.

Para wisatawan disuguhi berbagai perayaan menarik oleh MECCAYA Group selama 2 hari pada tanggal 14 dan 15 Mei 2022 di kawasan Candi Pawon, kecamatan Borobudur, Magelang.

Diawali dengan pelaksanaan vaksinasi booster keliling dan bakti sosial bagi masyarakat sekitar kawasan Candi, serta Festival Merti Bumi Karuna, dimana umat Buddha melakukan upacara pelepasan ikan dan burung bersama dengan masyarakat, serta melangsungkan kegiatan pelestarian alam berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan di sekitar sungai Progo.

Sedangkan pada tanggal 15 Mei 2022, 1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event sukses diselenggarakan sebagai puncak acara. Festival internasional ini diawali dengan doa lintas agama, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai tokoh Indonesia maupun mancanegara, antara lain Kepala staf Presiden, Moeldoko, Dalai Lama dan aktor Hollywood, Steven Seagal yang turut memberikan sambutan melalui video.

“1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event ini diadakan dengan harapan agar Candi Pawon dapat menjadi simbol pengingat pentingnya perdamaian dunia, serta upaya bersama untuk memulihkan UMKM setempat agar dapat segera bangkit pasca pandemi Covid-19,” kata Ketua Panita Penyelenggara, Jeffry Yunus, kepada wartawan, Senin (16/5).

Wujud nyata Bhinneka Tunggal Ika dituangkan lewat seni tari seperti Tarian Kinara Kinari dan Tarian Candi Pawon, doa dari 5 tokoh agama, serta peresmian dua prasasti sebagai simbol perdamaian dan kesejahteraan dunia. Masyarakat sekitar kawasan Candi Pawon juga terlihat antusias menghadiri pesta rakyat yang diselenggarakan, dan turut menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya, serta memberi dukungan bagi saudara-saudara umat Buddha yang sedang merayakan Trisuci Waisak.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Tak #Hanya #Destinasi #Wisata #Candi #Pawon #Jadi #Magnet #Perayaan #Waisak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.