Tak Bisa Lihat Penuh, Candi Borobudur Akan Sediakan Museum 3 Dimensi

  • Share
Tak Bisa Lihat Penuh, Candi Borobudur Akan Sediakan Museum 3 Dimensi

Radartarakan.co.id – Pemerintah berencana untuk melakukan pembatasan kunjungan 1.200 orang per hari ke Candi Borobudur. Untuk tetap dapat menikmati warisan nenek moyang itu, saat ini tengah disiapkan museum 3 dimensi yang akan memperlihatkan Candi Borobudur secara penuh.

Hal ini dilakukan juga karena adanya wacana kenaikan tarif tiket Candi Borobudur sebesar Rp 750.000 per orang. Namun, untuk tiket masuk sampai Pelataran tetap dibanderol Rp 50.000 per orang.

“Oleh karena itu kita akan inovasi juga ikut membantu bagaimana kita menghadirkan museum 3 dimensi di sekitar Borobudur, nanti akan dibangun the light and sound,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (6/6).

Jadi, walaupun dikurangi hanya 1.200 orang per hari, pengunjung yang hanya bisa sampai Pelataran saja tetap dapat menikmati fasilitas yang ada. Menurutnya ini juga merupakan nilai tambah dari daya tarik Candi Borobudur itu sendiri.

“Sehingga walaupun dikurangi hanya 1.200 per hari, tapi juga pengalaman dan kenangan masyarakat berwisata di Borobudur itu juga akan semakin terangkat,” imbuh dia.

Selain itu, rencana kenaikan ini juga nantinya para wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata dengan sertifikasi kompetensi yang baik. Hal ini merupakan pendekatan lintas kementerian dalam upaya memastikan Borobudur menjadi destinasi pariwisata berkualitas.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Tak #Bisa #Lihat #Penuh #Candi #Borobudur #Akan #Sediakan #Museum #Dimensi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *