Tak Ada Tempat Bagi NII, Anak Muda Harus Waspada

  • Share
Tak Ada Tempat Bagi NII, Anak Muda Harus Waspada

Radartarakan.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar memastikan, negara tidak mentolerir segala bentuk ideologi yang bertentangan dengan Pancasila berkembang di Indonesia. Salah satunya yakni Negara Islam Indonesia (NII) yang terus berusaha muncul.

“Tidak ada tempat bagi siapapun yang ingin mencapai tujuan, apalagi tujuan politik, mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) dengan mengerahkan anak-anak muda, dan mengarah pada aksi-aksi yang mengarah pada kekerasan,” kata Boy di Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/6).

Boy mengatakan, kegiatan radikalisme dilarang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Persiapan unsur-unsur kekerasan yang mengarah pada aksi terorisme dapat dijerat undang-undang tersebut.

“Jadi, ketika sudah akan melakukan persiapan, rapat melaksanakan pelatihan, dianggap sebagai sebuah perbuatan awalan untuk dilakukannya kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kekerasan,” imbuhnya.

Atas dasar itu, warga terutama anak muda diharapkan lebih waspada terhadap ajakan kelompok NII. Sebab, ideologi yang diajarkan yaitu untuk memusuhi negara.

“Kita tidak ingin generasi muda kita di masa depan menjadi generasi yang disorientasi terhadap bangsanya sendiri, dia tidak tahu bangsanya, nilai-nilai luhurnya apa, dasar negaranya apa, ideologinya apa. Kita tidak ingin jadi bangsa yang mudah dipengaruhi faktor-faktor eksternal dan kita menjadi bangsa yang rapuh,” jelas Boy.

BNPT akan terus berkordinasi dengan pemerintah daerah, kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) se-Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna mengantisipasi pihak-pihak yang menyelenggarakan kegiatan dengan mengatasnamakan Islam Indonesia.

“Karena tentu ini sesuatu hal yang tidak memberikan pendidikan positif buat anak bangsa kita,” pungkas Boy.

Sejauh ini, BNPT mencatat ada 17 anak-anak di Sumatera Barat yang diproses hukum karena terlibat NII. Sedangkan sejumlah lainnya diselesaikan secara deradikalisasi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Tak #Ada #Tempat #Bagi #NII #Anak #Muda #Harus #Waspada

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.