Survei Indopol Sebut Elektabilitas Prabowo Mulai Menurun

  • Share
Survei Indopol Sebut Elektabilitas Prabowo Mulai Menurun

Radartarakan.co.id – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, masih berada di posisi tiga besar. Namun, menurut Direktur Eksekutif Indopol Survei dan Consulting, Ratno Sulistiyanto, elektabilitas Menteri Pertahanan itu terus mengalami penurunan.

Dijelaskan, Ratno, pada survei lembaganya di Januari 2022, elektabilitas Prabowo berada di posisi kedua dengan 28,13 persen. Selanjutnya pada periode 24 Juni hingga 1 Juli 2022, turun ke posisi ketiga dengan 18,05 persen.

“Kenapa kemudian bahasanya Prabowo mengalami defisit elektabilitas, pertama performa dan kinerja Prabowo selaku menteri di dalam kabinet Jokowi,” ujar Ratno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/7).

Menurut Ratno, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan tak signifikan dalam mendongkrak elektabilitasnya. Pasalnya, bidang pertahanan tak bersinggungan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya Ratno, posisi Prabowo di pemerintahan tak diikuti dengan dukungan para pendukungnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 yang notabenenya berseberangan dengan Joko Widodo. Hal tersebut membuat massa pendukungnya bergeser ke nama-nama lain, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Dari data yang saya sampaikan tadi adalah ke Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Di wilayah juga nampak sekali ada sebuah pergeseran dukungan Prabowo Subianato kepada figur Anies Baswedan dan Ridwan Kamil,” ujar Ratno.



#Survei #Indopol #Sebut #Elektabilitas #Prabowo #Mulai #Menurun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.