Status Gunung Anak Krakatau Naik Menjadi Level III

  • Share
Status Gunung Anak Krakatau Naik Menjadi Level III

Radartarakan.co.id–Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda, antara Provinsi Banten dan Lampung, statusnya meningkat menjadi level III dari sebelumnya level II.

”Statusnya GAK sudah ditingkatkan dari level II jadi level III sejak Minggu (24/4) pukul 18.00 WIB,” kata Petugas Pos Pantau GAK di Lampung Selatan Andi seperti dilansir dari Antara di Bandarlampung, Senin (25/4).

Dia mengatakan bahwa pada Minggu (24/4) dari pos pantau, Gunung Anak Krakatau terdengar mengeluarkan suara gemuruh dan juga terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan sinar api.

Pesisir Pantai Pasauran, Kawasan Anyer, Banten, tetap normal dan tidak terjadi peningkatan gelombang tinggi meski terjadi letusan Gunung Anak Krakatau. (Mansur/Antara)

”Erupsi GAK pada Minggu (24/4) ketinggian mencapai 3.000 meter dan sinar apinya mencapai 200 meter maksimal dari puncak gunung,” kata terang Andi.

Dia mengimbau masyarakat terutama nelayan dan wisatawan agar tidak mendekati GAK dalam radius 5 kilometer dalam situasi level III. Namun masyarakat masih tetap bisa beraktivitas serta tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab kebenarannya terkait GAK.

”Masyarakat bisa menghubungi BPBD setempat atau ke Pos Pantau GAK untuk tahu status dan situasinya. Kami akan terus pantau perkembangannya,” tutur Andi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



#Status #Gunung #Anak #Krakatau #Naik #Menjadi #Level #III

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.