Indeks

Soal Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Wamenag: Jangan jadi Guyonan

  • Share
Wapres Ma'ruf Amin dan Menag Yaqut Kena Hoax, Wamenag: Fitnah Keji!

Radartarakan.co.id – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi meminta tak ada lagi yang menggunakan simbol agama sebagai bahan olokan. Hal itu merespon viralnya meme candi Borobudur berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya meminta kepada siapa pun untuk tidak menjadikan simbol agama sebagai bahan olokan atau guyonan, karena hal tersebut dapat melukai perasaan umat beragama yang bersangkutan,” kata Zainut kepada wartawan, Jumat (17/6).

“Apapun alasannya tindakan tersebut tidak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan. Perbuatan tersebut dapat dikatagorikan sebagai perbuatan SARA,” imbuhnya.

Zainut mengatakan, kebebasan berpendapat memang dibolehkan pada era reformasi seperti sekarang. Namun, segala bentuk kritik dan saran sebaiknya dilakukan secara santun. Harus pula menghormati etika maupun norma-norma yang berlaku.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan cepat mem-posting atau menyebarkan berita, baik berita yang berupa foto, video, meme atau konten narasi yang mengandung ujaran kebencian, fitnah dan SARA,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir tersebar sebuah foto bermuatan meme. Stupa Candi Borobudur disunting sedemikian rupa sehingga tampak seperti wajah Presiden Jokowi.

Peristiwa ini pun sempat membuat gaduh warganet. Pasalnya, selain menghina kepala negara, meme ini juga dianggap merendahkan simbol agama Buddha.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, aparat sudah turun tangan untuk mengusut kasus ini. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim tengah melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang terlibat.

“Sedang didalami dan profiling oleh Direktorat Tindak Pidana Siber,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (14/6).

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Soal #Meme #Stupa #Borobudur #Mirip #Jokowi #Wamenag #Jangan #jadi #Guyonan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version