SIPD Hemat Anggaran Pembuatan Sistem Informasi di Daerah

  • Share
SIPD Hemat Anggaran Pembuatan Sistem Informasi di Daerah

Radartarakan.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni memyampaikan, kehadiran Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dapat meminimalisir penggunaan anggaran pemerintah daerah (pemda) dalam mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di bidang perencanaan, keuangan, dan pelaporan daerah.

Menurut Fatoni, SIPD dibuat untuk menyatukan data baik dari perencanaan, keuangan, sampai dengan pelaporan daerah seluruh Indonesia. Melalui SIPD, daerah tidak perlu menganggarkan biaya untuk membangun aplikasi atau sistem terkait perencanaan dan keuangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Selama ini, daerah itu buat sistem sendiri-sendiri. Ada yang buat aplikasi tentang perencanaan, aplikasi tentang keuangan, semuanya buat aplikasi. Dengan adanya SIPD ini, daerah tidak perlu membuat aplikasi lagi,” kata fatoni dalam keterangannya, Kamis (26/5).

Dia menjaskan, pengembangan SPBE di bidang perencanaan, keuangan, dan pelaporan daerah terintegrasi dalam satu sistem yaitu SIPD.

“Di beberapa tempat, di beberapa pihak masih menganggap dengan SIPD daerah perlu membuat lagi SIPD baru. Anggapannya, daerah harus membuat sistem, padahal dengan SIPD ini cukup Kemendagri saja yang membuat sistemnya dan yang membiayai, tetapi daerah tinggal menggunakan,” jelas Fatoni.

Dirinya menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi terhadap APBD, diketahui biaya yang dianggarkan daerah untuk membangun sistem aplikasi perencanaan dan keuangan cukup besar. Karena itu, dengan penggunaan SIPD, akan membuat penghematan yang bisa dilakukan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Muhammad Ridwan



#SIPD #Hemat #Anggaran #Pembuatan #Sistem #Informasi #Daerah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.