Setengah Juta Orang Menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak

  • Share
Setengah Juta Orang Menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak

Radartarakan.co.id – Memasuki H-2 Lebaran, arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten berangsur mulai normal sehingga mengurangi kepadatan antrean menuju ke pelabuhan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat melakukan peninjauan pelayanan penumpang arus mudik Lebaran 2022 di dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Sabtu (30/4) mengatakan bahwa arus penumpang dan kendaraan pada Sabtu (30/4) atau H-2 berangsur mulai normal dibandingkan H-4 dan H-3 kemarin.

“Alhamdullilah sudah relatif normal, saya tanyakan langsung di lapangan bahwa rata-rata pengguna jasa dengan kendaraan sudah tidak menunggu terlalu lama saat akan naik kapal,” ujarnya melalui keterangan resminya.

Dirinya melanjutkan bahwa pemerintah bakal melakukan langkah percepatan, mulai dari proses bongkar muat hingga penataan alur kendati saat ini sudah melewati puncak arus mudik. “Data menyebutkan pada H-3 ini total kendaraan puncak arus mencapai 37 ribu unit kendaraan dan pada hari yang sama tahun 2019 tercatat sekitar 28 ribu unit kendaraan, atau naik 30 persen,” lanjut Muhadjir.

Data Posko 24 Jam pada 28 April 2022 pukul 08.00 WIB hingga 29 April 2022 pukul 08.00 WIB atau H-3 mencatat 155.812 orang telah menyeberang dari Merak menuju Bakauheni, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 18.540 unit, roda empat sebanyak 17.452 unit, 767 unit bus, 933 unit truk. Sehingga total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Jawa menuju Sumatera pada H-3 sebanyak 37.692 unit.

Jika melihat data realisasi H-3 terlihat peningkatan pada arus kendaraan roda dua dan roda empat. Bisa dikatakan angka puncak arus mudik terjadi pada H-3 bila dibandingkan H-4 yang menjadi prediksi awal puncak mudik.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



#Setengah #Juta #Orang #Menyeberang #Sumatera #Pelabuhan #Merak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *