Selamatkan Akper Kebonjati, Kakek Johanes Malah Divonis Bersalah

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Johanes Marinus Lunel terpaksa menelan pil pahit. Ini karena Kakek 82 tahun itu divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 1 tahun 6 bulan pidana penjara oleh Majelis Hakim di PN Bandung, karena dinilai terbukti bersalah melakukan penipuan.

Atas vonis yang disematkan kepadanya, Johanes sangat kecewa. Sebab, niat baiknya menyelamatan Akper Kebonjati malah berujung pidana.

“Saya sangat kecewa, saya merasa tidak pernah melakukan apa yg dituduhkan seperti disputuskan ketua majelis”, ujar Johanes Marinus Lunel sambil mencoba mengatur nafas karena tidak menyangka aspek kemanusiaan luput menjadi pertimbangan dalam penjatuhan vonis tersebut,” Kamis (7/7).

Johanes Marinus Lunel tetap dinyatakan bersalah meskipun tidak pernah menerima uang sepeserpun ataupun mengambil keuntungan dari Teopilus. Uang sepenuhnya dibayarkan langsung pada Akper Kebonjati dan digunakan sepenuhnya untuk mengurus dan opersional Akper Kebonjati. Hal ini sebenarnya juga terungkap dalam pertimbangan putusan.

Dalam sidang perkara ini, saksi Korban Teopilus Kawihardja tidak pernah dihadirkan dan diperiksa langsung di pengadilan. Meski demikian, Ketua Majelis Hakim tetap menyatakan Terdakwa Johanes Marinus Lunel terbukti bersalah atas tindak pidana Pasal 378 jo. Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Dalam memutus perkara tersebut, Majelis Hakim tidak satu pendapat karena terdapat satu orang Hakim menyatakan Dissenting Opinion atau pendapat berbeda, yakni Hakim Anggota II, Sontan Marauke Sinaga. Dia mempertimbangkan aspek kemanusiaan, usia terdakwa yang telah berumur 82 tahun, kondisi sakit-sakitan dan juga terdakwa tidak sedikitpun menerima dana. Hal ini pun dihargai oleh Terdakwa yang mempertimbangkan aspek-aspek tersebut.



#Selamatkan #Akper #Kebonjati #Kakek #Johanes #Malah #Divonis #Bersalah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.