Sejumlah Langkah Harus Diambil Pemerintah Berangus Praktik Mafia Migor

  • Share
Sejumlah Langkah Harus Diambil Pemerintah Berangus Praktik Mafia Migor

Radartarakan.co.id – Pemerintah mencabut pelarangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, keputusan itu akan mulai berlaku pada 23 Mei 2022. Langkah ini diambil atas dasar ketersediaan minyak goreng yang telah memenuhi kebutuhan nasional.

Untuk diketahui, kebutuhan minyak goreng curah di dalam negeri sebesar 194.634 ton per bulan. Sedangkan pasokan minyak goreng sebelum dilakukan kebijakan pelarangan ekspor, pada bulan Maret hanya mencapai 64.626,52 ton atau 33,2 persen dari kebutuhan per bulannya.

Namun, setelah dilakukan kebijakan pelarangan ekspor pasokan minyak goreng curah pada bulan April 2022, stok meningkat menjadi 211.638,65 ton per bulan atau 108,74 persen dari kebutuhan nasional. Artinya, kini kebutuhan bulanan secara nasional dapat terpenuhi.

Mengenai hal itu, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyampaikan bahwa keputusan ini berisiko akan kembali meningkatkan harga di pasaran. Adapun, harga minyak goreng di pasaran berada di kisaran Rp 17.200 sampai Rp 17.600 per liter.

“Selama aturan minyak goreng boleh mengacu pada mekanisme pasar, maka harga yang saat ini rata-rata Rp 24.500 per liter di pasar tradisional bisa meningkat lebih tinggi,” terangnya kepada Radartarakan.co.id, Minggu (22/5).

Kata dia, ada tiga solusi yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah segera setelah pencabutan larangan ekspor dilakukan. Pertama, tugaskan Bulog dengan memberi kewenangan untuk ambil alih, setidaknya 40 persen dari total distribusi minyak goreng.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Sejumlah #Langkah #Harus #Diambil #Pemerintah #Berangus #Praktik #Mafia #Migor

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.