Sebanyak 60 Rekeningnya Diblokir PPATK, Begini Respons ACT

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengaku belum mengetahui detail perihal pemblokiran 60 rekeningnya oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pemblokrian ini untuk melakukan pendalaman adanya dugaan aliran dana ke kelompok terorisme.

“Beberapa rekening informasinya diblokir, kami belum cek kepada tim keuangan kami, rekening mana saja yang diblokir pascapembersihan, rekening mana saja dan berapa banyak yang sudah diblokir,” kata Presiden ACT di kantornya di Menara 165, Jakarta Selatan, Rabu (6/7).

Ibnu menuturkan, terlepas dari isu tersebut, ACT akan terus menyalurkan dana donasi yang telah berhasil dihimpun. Hal ini sebagai komitmen ACT menunaikan amanah yang dari donatur. “Rekening-rekening yang sudah ada di kami atau dana cash yang sudah kami dan bisa dicairkan, karena ini amanah, harus kami sampaikan. Kami nggak pingin cacat amanah dalam menyalurkan amanah-amanah dari masyarakat,” jelas Ibnu.

Sebelumnya, Kementerian Sosial mencabut ijin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang telah diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tahun 2022. Pencabutan ini terkait adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak Yayasan.

Pencabutan itu dinyatakan dalam Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap di Jakarta Selatan yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendi (5/7).

’’Jadi alasan kita mencabut dengan pertimbangan karena adanya indikasi pelanggaran terhadap Peraturan Menteri Sosial sampai nanti menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal baru akan ada ketentuan sanksi lebih lanjut,” kata Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendi dalam keterangan tertulis yang diterima Radartarakan.co.id, Rabu (6/7).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Sebanyak #Rekeningnya #Diblokir #PPATK #Begini #Respons #ACT

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.