Satgas Pantau Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Selama Dua Minggu

  • Share
Satgas Pantau Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Selama Dua Minggu

Radartarakan.co.id – Satgas Covid-19 memonitor ketat peningkatan kasus positif dalam beberapa hari terakhir. Hal itu seiring dengan persebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di tanah air.

”Penyebab kenaikan kasus ini penting untuk diperhatikan, setidaknya dua minggu ke depan,” kata Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito kemarin (14/6). Wiku mengungkapkan, kenaikan kasus mingguan di tanah air cukup signifikan. Pada akhir Mei lalu, tercatat total 1.800 kasus mingguan. Kemudian meningkat menjadi 3.600 kasus pada minggu pertama Juni. Kasus aktif juga mengalami peningkatan dari 2.900 pada akhir Mei menjadi 4.900 per 13 Juni.

”Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kenaikan kasus. Ini perlu menjadi perhatian,” tambah Wiku. Setidaknya ada beberapa dugaan tentang penyebab kenaikan kasus itu. Pertama, mobilitas penduduk yang semakin tinggi dan interaksi masyarakat. Selain itu, kedisiplinan prokes makin rendah.

Wiku menerangkan, persebaran subvarian baru BA.4 dan BA.5 juga bisa menjadi faktor peningkatan angka positif. Hingga saat ini, BA.4 dilaporkan sudah tersebar di 61 negara melalui 7.524 sekuens (urutan) virus yang telah dilaporkan melalui GISAID. Sekuens paling banyak berada di Afrika Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Denmark, dan Israel. Sementara itu, BA.5 teridentifikasi di 65 negara dengan total 10.442 sekuens yang dilaporkan kepada GISAID. Terbanyak berada di Amerika Serikat, Portugal, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan.

Dua varian tersebut mampu menyebar lebih cepat. Selain itu, mampu menembus imun tubuh meskipun pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya.

”Tapi, tidak ada indikasi mengakibatkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya. Menurut ECDC, peluang penularan dua subvarian ini lebih rendah pada mereka yang sudah divaksin,” jelas Wiku.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (tau/syn/c19/oni)



#Satgas #Pantau #Subvarian #Omicron #BA4 #dan #BA5 #Selama #Dua #Minggu

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *