Rekor Omicron BA.4 dan BA.5, Covid-19 di Indonesia Naik 6 Kali Lipat

  • Share
Muncul 20 Kasus Omicron BA.4 dan BA.5, Ahli: Bisa Tembus 20 Ribu

Radartarakan.co.id – Dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 mencapai rekor selama gelombang subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Rata-rata kenaikannya mencapai 3 ribuan kasus per hari. Kenaikan ini mencatatkan angka tertinggi dari sebelumnya yang bertahan di kisaran 2 ribu kasus per hari. Data Satgas Covid-19 menyebutkan kasus Covid-19 naik 6 kali lipat.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat, termasuk pemerintah hingga ke daerah, segera mengantisipasi perkembangan Covid-19. Karena, kenaikan kasus positif dapat berdampak pada naiknya kasus aktif hingga positivity rate.

“Adanya kenaikan kasus positif dan kasus aktif ini perlu kita waspadai segera. Karena, artinya tingkat penularan di tengah masyarakat mulai meningkat. Dan di tengah masyarakat kembali beraktivitas, setiap individu harus ikut bertanggung jawab mencegah penularan,” tegas Prof Wiku secara virtual.

“Dalam kenaikan kasus positif saat ini, peningkatannya mencapai 6x lipat jika dibandingkan tepat 1 bulan yang lalu, yaitu 12 Juni 2022,” tambahnya.

Saat itu, kasus harian berkisar 551 kasus dalam 1 hari. Kenaikan pada kasus positif ini berimbas pada meningkatnya kasus aktif. Per 12 Juli 2022, kasus aktif menembus angka 20 ribu kasus, di mana angka ini naik 4x lipat dari bulan lalu yang tercatat sekitar 4 ribu kasus.

“Dan yang juga terdampak, ialah angka positivity rate mingguan. Pada pekan kedua di bulan Juli, angkanya mencapai 5,12 persen. Yang mana, angka tersebut sudah melewati standar WHO yaitu 5 persen” kata Prof Wiku.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Rekor #Omicron #BA4 #dan #BA5 #Covid19 #Indonesia #Naik #Kali #Lipat

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.