Rawan Ambrol, Perkuat Dermaga Kalimas Tahun Depan

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Pelabuhan Kalimas dikenal sebagai pusat perdagangan masa lampau. Namun, kondisi dermaga sepanjang 2,3 kilometer itu memerlukan perhatian lebih. PT Pelindo bakal memperkuat dermaga untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Saat ini memang belum semua area dermaga bisa dimanfaatkan. Dari 2,3 kilometer, hanya 1,4 kilometer yang bisa disandari kapal. Upaya memperkuat dermaga dilakukan untuk mendorong bertambahnya angkutan masuk.

General Manager (GM) Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Dany Rachmad Agustian menjelaskan bahwa sehari ada 30 unit kapal yang bersandar di dermaga. Pasca diperkuat nanti, jumlahnya dipastikan bertambah. ’’Kami melihat peran Dermaga Kalimas masih sangat penting. Terutama untuk perdagangan antarpulau,” kata Dany.

Dia menambahkan, Dermaga Kalimas menjadi tempat bersandar kapal pelayaran rakyat (pelra) di bawah 1.000 GT. Sebagian besar merupakan pengangkut sembako. ’’Berbeda dengan pelabuhan lain, Kalimas lebih dikenal sebagai tempat mangkal kapal,” ujar Dany.

Menurut dia, kapal tidak datang menjemput barang dan langsung pergi. Namun, sebagian angkutan masih harus berhenti lama untuk menunggu adanya muatan. Angkutan baru berangkat setelah muatan penuh.

Dany mengatakan bahwa proyek revitalisasi digarap secara bertahap. Yang pertama dilakukan adalah memperkuat dermaga yang sudah rusak. Titik dermaga yang rawan ambrol akan diperbaiki terlebih dahulu.

Upaya memperkuat dermaga, lanjut Dany, dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Tidak saja karena kondisi bangunan yang sudah berusia tua, tapi juga mendorong kunjungan kapal dan pariwisata.

Sebab, ke depan Dermaga Kalimas memang tidak hanya digunakan untuk kapal niaga. Pelabuhan kuno itu juga dimanfaatkan untuk tempat rekreasi. ’’Berkaitan dengan wisata, kami sudah membangun Taman Petekan. Nanti dikoneksikan dengan tempat nongkrong tersebut,” tegas Dany. 



#Rawan #Ambrol #Perkuat #Dermaga #Kalimas #Tahun #Depan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *