Punya Tambang Emas-Bisnis Ilegal, Aset Briptu Hasbudi Ditelisik PPATK

  • Share
Punya Tambang Emas-Bisnis Ilegal, Aset Briptu Hasbudi Ditelisik PPATK

Radartarakan.co.id – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyampaikan, pihaknya membantu aparat penegak hukum (APH) dalam menelusuri aset kekayaan polisi tajir Briptu Hasbudi. Namun, PPATK tidak bisa menjelaskan secara rinci terkait penelusuran aset tersebut.

“Kami saat ini sedang mendalami dan hasilnya akan kami sampaikan kepada APH ya,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada Radartarakan.co.id, Selasa (10/5).

Penyidik Polda Kalimantan Utara sejauh ini telah menyita 15 rekening bank terkait dengan kasus yang menjerat polisi tajir, Briptu Hasbudi. Dia terkait kasus dugaan penambangan emas liar di Sekatak, Bulungan, Kaltara.

”Rekening semua yang kita temukan, rekening di rumahnya, baik itu istri, ibu, dan semuanya. Karena kita kemarin menjerat dengan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang). (Rekening) kita amankan,” kata Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya di Mapolda Kalimantan Utara, Senin (9/5).

Selain rekening HSB dan keluarganya, penyidik juga mengamankan rekening atas nama orang lain dan beberapa catatan alat bukti transfer uang. ”Itu kami amankan juga untuk dianalisis alasan atau modus pemberian tersebut,” ujar Daniel Adityajaya.

Jika ada indikasi uang turut mengalir kepada pejabat tertentu yang berkaitan dengan wewenang dan jabatannya, polisi juga akan menggelar perkara. ”Tujuannya untuk melihat apakah itu masuk ranah korupsi atau tidak,” tutur Daniel Adityajaya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



#Punya #Tambang #EmasBisnis #Ilegal #Aset #Briptu #Hasbudi #Ditelisik #PPATK

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.