Punya Banyak Alutsista Tua, TNI AL Maksimalkan Pemeliharaan-Perawatan

  • Share
Punya Banyak Alutsista Tua, TNI AL Maksimalkan Pemeliharaan-Perawatan

Radartarakan.co.id – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono tidak menampik bahwa banyak alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL yang sudah berusia tua. Untuk itu, instansinya melakukan pemeliharaan dan perawatan alutsista yang mereka miliki secara konsisten. Termasuk di antaranya perawatan dan pemeliharaan kapal-kapal perang.

Langkah tersebut dilakukan oleh TNI AL menyesuaikan diri dengan anggaran dari pemerintah. ”Pemeliharaan dan perawatan (alutsista) itu juga menjadi yang utama,” terang Yudo di sela-sela peresmian Studio Nusantara Sagoro 1 dan Studio Nusantara Sagoro 2 di Gedung Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Jakarta Timur, Rabu (8/6).

Selain banyak alutsista TNI AL yang sudah berusia tua, Yudo menyebutkan bahwa, pengadaan alutsista baru yang tidak sebanding dengan alutsista lama juga menjadi alasan instansinya melakukan pemeliharaan dan perawatan alutsista secara konsisten. ”Kami memahami anggaran negara yang ada. Sehingga kami memaksimalkan, kami optimalkan unsur-unsur yang ada,” beber dia.

Setiap harinya, tidak kurang dari 50 kapal milik Angkatan Laut berpatroli di seluruh perairan Indonesia. Pun demikian dengan pesawat yang dimiliki oleh TNI AL. Untuk meningkatkan kemampuan patroli, Yudo menyebutkan bahwa saat ini pengadaan kapal-kapal patroli terus digenjot. ”Sudah kami sampaikan kebutuhan kapal patroli untuk menggantikan kapak-kapal patroli yang sudah tua,” ujarnya.

Selain kapal patroli, mantan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I itu menyebutkan bahwa pengadaan kapal bantu dan landing ship, tank (LST) juga dilakukan oleh TNI AL. ”Untuk  kapal-kapal fregat itu pengadaannya dari Kemhan,” jelas Yudo. Dia pun menambahkan, dengan anggaran yang ada TNI AL terus berusaha meningkatkan kesejahteraan prajurit.

Langkah yang diambil oleh Angkatan Laut untuk mewujudkan hal itu adalah dengan memberi kepastian kepada seluruh prajurit TNI AL bisa memiliki rumah sendiri. ”Kami buka peluang sebesar-besarnya para prajurit membeli rumah pribadi,” jelas dia. Mekanismenya beragam. Bahkan ada yang tanpa bunga sama sekali. Di luar rumah pribadi, Angkatan Laut juga memberikan rumah dinas kepada para prajurit.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Syahrul Yunizar



#Punya #Banyak #Alutsista #Tua #TNI #Maksimalkan #PemeliharaanPerawatan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.