Puncak Mudik, Macet sampai 4 Jam di Jalan Tol

  • Share
Puncak Mudik, Macet sampai 4 Jam di Jalan Tol

Radartarakan.co.id – Kemacetan panjang terjadi di tol Jakarta–Cikampek kemarin (28/4). Antrean kendaraan bahkan mencapai belasan kilometer.

Akses utama keluar Jakarta menuju Jabar, Jateng, hingga Jatim tersebut macet sejak Rabu dini hari. Kepadatan terutama terlihat di jalan layang Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ). Polantas sempat menutup akses ke jalan layang di simpang susun Cikunir pada pukul 08.10 WIB. Kemudian, sepanjang hari kemarin kepolisian menerapkan sistem buka-tutup.

Jasa Marga juga melaporkan kepadatan terjadi di Km 39 hingga 47, kemudian Km 51 hingga Km 57. Salah satu penyebabnya adalah pemudik yang antre masuk ke rest area di Km 57. Jasa Marga dan kepolisian sempat memberlakukan contraflow pada Rabu pukul 23.20 WIB sampai Kamis pukul 04.55. Kemudian, pada pagi harinya dibuka lagi contraflow sepanjang 26 kilometer mulai Km 47 dekat akses turun jalan layang MBZ hingga Km 70 yang merupakan akhir dari tol Jakarta–Cikampek. Kemacetan di seputar GT Cikampek Utama bahkan mengular hingga ke ruas Cikopo– Palimanan Km 86.

Menurut Corporate Communication and Community Development Head Jasa Marga Dwimawan Heru, kepadatan yang terjadi pada Kamis pagi tersambung dengan ekor kepadatan jalan tol Cipali akibat antrean masuk ke rest area Km 86. ”Saat ini GT Cikampek Utama beroperasi optimal dengan 22 unit gardu yang menuju arah timur trans-Jawa dengan dibantu 3 unit mobile reader dari jumlah normal 15 gardu,” kata Heru kemarin (28/4).

Dia menuturkan, Jasa Marga sebagai pengelola tol Jakarta–Cikampek dan PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola Cipali sama-sama menerapkan contraflow dari Km 70 Cikampek hingga Km 86 Cipali. Mulai pukul 11.40 hingga 14.00 WIB.

Heru mengimbau para pemudik untuk mempersiapkan kondisi kendaraan. Selain itu, saldo uang elektronik harus diisi untuk mengantisipasi kondisi jalan tol. Pemudik juga harus bijaksana menggunakan rest area. ’’Jika rest area penuh, akan dilakukan buka-tutup oleh pihak kepolisian. Jika rest area ditutup, kami mohon pengguna jalan tidak parkir di bahu jalan. Bisa menuju rest area berikutnya atau keluar di akses tol terdekat,” papar Heru.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/idr/syn/mia/wan/han/dee/agi/den/mha/aro/c18/c9/c7/oni



#Puncak #Mudik #Macet #sampai #Jam #Jalan #Tol

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *