Presiden Ramos Sebut Kampus Indonesia Jadi Favorit Pelajar Timor Leste

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Dalam lawatannya ke Indonesia, Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta mengunjungi sejumlah perguruan tinggi. Dia ingin menjalin kerjasama, untuk meningkatkan kualitas keilmuan di negaranya. Mulai di bidang kedokteran, ekonomi, hukum, sampai teknologi. Dia menyampaikan kampus di Indonesia menjadi tujuan favorit pelajar di Timor Leste.

Keterangan tersebut dia sampaikan saat berkunjung ke kampus Unika Atma Jaya di Jakarta pada Kamis (21/7). Salah satu agenda kunjungan ini adalah peresmian beasiswa dari Unika Atma Jaya untuk 50 orang mahasiswa dari Timor Leste. Presiden Ramos-Horta menyambut baik adanya kerjasama tersebut.

Dia mengatakan setiap tahun pemerintah Timor Leste menyediakan anggaran yang besar untuk beasiswa kuliah warganya. “Angkanya mencapai USD 30 juta,” jelas Ramos-Horta. Dana tersebut untuk beasiswa anak-anak Timor Leste di kampus-kampus penjuru Asia Tenggara.

“Tetapi kampus di Indonesia menjadi yang favorit,” tuturnya. Ramos-Horta mengatakan ingin meningkatkan SDM negaranya melalui akses pendidikan tinggi. Dia menekankan bidang kedokteran, kesehatan, ekonomi, hukum, dan teknologi informasi. Harapannya bisa meningkatkan kualitas hidup keluarga para mahasiswa kelak, dan untuk kemajuan bangsanya.

Ramos-Horta mengatakan hubungan mereka dengan kampus-kampus di Indonesia yang baik, diharapkan bisa menumbuhkan hubungan baik pula di tingkat masyarakat luas. Apalagi Timor Leste dengan Indonesia memiliki ikatan sejarah yang kuat. Dia berharap investasi kedua negara bisa saling diperkuat.

Pada kesempatan itu Rektor Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko, mengatakan beasiswa yang mereka siapkan untuk anak-anak dari Timor Leste sebanyak 50 orang. “Beasiswanya full untuk keperluan biaya kuliah,” katanya. Sedangkan untuk biaya hidup selama menempuh perkuliahan, di luar tanggungan kampus.

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan



#Presiden #Ramos #Sebut #Kampus #Indonesia #Jadi #Favorit #Pelajar #Timor #Leste

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *