PPDS Fakultas Kedokteran Unair Ciptakan Tiga Manekin Obgyn

  • Share
alexametrics

Masa pandemi Covid-19 membuat para peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) memiliki keterbatasan dalam belajar tindakan operasi terhadap pasien. Hal itu membuat tiga mahasiswa PPDS Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) menciptakan tiga manekin pembedahan obgyn.

SEPTINDA AYU PRAMITASARI, Surabaya

TIGA manekin pembedahan obstetri dan ginekologi (obgyn) dipamerkan di aula Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Senin (6/6). Manekin tersebut dirancang untuk membantu para peserta PPDS belajar praktik operasi pembedahan obgyn sebelum langsung kepada pasien.

Ya, tiga manekin tersebut merupakan karya lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Departemen Obgyn FK Unair. Mereka adalah dr Riska Wahyuningtyas SpOG MKedKlin, dr Citra Aulia Bachtiar SpOG MKedKlin, dan dr Dara Dasawulansari Syamsuri SpOG MKedKlin.

Desain manekin tersebut dirancang bersama tim ahli dari Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dimas Dwi Rizkiyanto dan Surya Pusparina di bawah bimbingan Joko Kuswanto.

Ada tiga jenis manekin yang dibuat. Yakni, manekin robekan jalan lahir, operasi bedah Caesar, dan pengangkatan rahim.

Riska mengatakan, manekin pembedahan obgyn tersebut dibuat dalam kurun waktu hampir satu tahun. Manekin dibuat dengan detail anatomi tubuh manusia yang asli. Dengan begitu, para peserta PPDS obgyn akan lebih mudah belajar praktik pembedahan obgyn melalui manekin.

”Selama ini, objek pembelajaran hanya dua dimensi. Sekarang dibuat tiga dimensi,” katanya.

Manekin yang dirancang bersama dua temannya dan disupervisi oleh para dosen di Departemen Obgyn FK Unair tersebut terbuat dari bahan silikon dan lateks. Kelebihannya, biaya pembuatan manekin tersebut lebih murah dibandingkan buatan luar negeri.

”Ini hanya butuh Rp 70 juta untuk tiga manekin dari dana hibah Universitas Airlangga. Sementara, manekin buatan luar negeri bisa sampai Rp 2 miliar,” ujarnya.



#PPDS #Fakultas #Kedokteran #Unair #Ciptakan #Tiga #Manekin #Obgyn

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *