Polri Telusuri Keterkaitan Khilafatul Muslimin dengan Jaringan Teroris

  • Share
Polri Telusuri Keterkaitan Khilafatul Muslimin dengan Jaringan Teroris

Radartarakan.co.id – Mabes Polri masih mengembangkan kasus konvoi motor Khilafatul Muslimin. Pengusutan untuk mendalami kemungkinan kelompok tersebut berkaitan dengan jaringan teroris.

“Masih ditelusuri oleh rekan-rekan penyidik,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (9/6).

Penyidik masih membuka peluang akan memeriksa anggota lainnya dari kelompok Khilafatul Muslimin. “Saat ini masih dalam proses,” jelasnya.

Saat ini, Polri terus berkomunikasi dengan Polda Metro Jaya, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Lampung perihal aktivitas kelompok itu. “Kami berkoordinasi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan,” pungkas Ramadhan.

Baru-baru ini, kelompok Khilafatul Muslimin viral usai melakukan konvoi menggunakan sepeda motor di wilayah Jakarta Timur dengan membawa atribut khilafah, Minggu (29/5). Menanggapi hal ini, Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai Kelompok Khilafatul Muslimin.

“Bagi masyarakat atau siapapun yang bergabung dalam kelompok itu, bahwa kelompok tersebut memiliki sejarah panjang keterkaitan dengan berbagai teror dan radikal,” kata Aswin saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (1/6).

Ia menjelaskan, secara historis Kelompok Khilafatul Muslimin ada keterkaitan dan punya arah dengan peristiwa-peristiwa teror di Indonesia. Sebab, Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qodir Baraja pernah ditangkap Densus terkait peristiwa teror sebelumnya. Dia pernah bergabung dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Polri #Telusuri #Keterkaitan #Khilafatul #Muslimin #dengan #Jaringan #Teroris

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.