Pihak Tesla Kagum dengan Industri Morowali

  • Share
Presiden Akan Bertemu Elon Musk Bulan Depan

Radartarakan.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Bisar Pandjaitan menyampaikan rencana investasi Tesla Inc. Kata dia, pembicaraan soal investasi dengan perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu masih berjalan.

Ia mengatakan bahwa kerja sama harus diberlakukan setara atau sama-sama menguntungkan bagi pihak masing-masing. Begitu juga dalam hal ini investasi mobil listrik, dia menegaskan Indonesia tidak mau untuk diatur negara lain.

“Tesla ini kami masih berunding mobil (masuk ke Indonesia), perlu ada kesabaran,” jelasnya dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Kamis (9/6).

Adapun, kunjungan ke Indonesia juga telah dilakukan oleh pihak Tesla, yakni ke tambang nikel di Morowali dan PT Vale Indonesia Tbk. Luhut menyebutkan bahwa mereka terkagum dengan operasional yang luar biasa.

“Kemarin saat Tim Tesla datang ke Morowali dan di Vale, mereka terkagum-kagum luar biasa, dia bilang saya enggak pernah ada seperti ini di luar Tiongkok, begitu hebatnya,” tutur dia. “Pegawai di Morowali sudah mencapai 75 ribu, masih banyak under construction, ada USD 30 billion (miliar) investment di sana, ekspor kita meningkat, naik dari USD 1,5 miliar,” sambung Luhut.

Melanjutkan pembahasan itu, ia juga menawarkan kepada Tim Tesla untuk membuat perusahaan dengan clean energy. Sebab menurutnya, salah satu tempat terbaik adalah Indonesia. “Di Kalimantan Utara kita membuat 256 gigawatt hour untuk menghasilkan energi dan memproduksi 3 juta mobil. Itu end-to-end clean energy. Elon Musk sangat paham mengenai itu,” ungkap dia. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking



#Pihak #Tesla #Kagum #dengan #Industri #Morowali

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.