Pertengahan Juni dan Juli Potensi Pasang Tinggi

  • Share
Pertengahan Juni dan Juli Potensi Pasang Tinggi

Radartarakan.co.id – Dalam sebulan ke depan, bulan dua kali berada di titik terdekat dengan bumi. Yaitu, pada 14 Juni dan 14 Juli. Pada dua tanggal tersebut, berdasar analisis astronomi, bakal terjadi kenaikan muka laut atau pasang. Ditambah sejumlah faktor lainnya dapat memicu banjir rob di wilayah bibir laut.

Fenomena astronomi yang terjadi pada 14 Juni bernama Purnama Stroberi Super. Pada momen itu, jarak antara bumi dan bulan adalah 357.367 kilometer. Sedangkan pada 14 Juli terjadi fenomena Purnama Rusa Super, jarak bumi dan bulan 357.418 kilometer.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, jarak rata-rata bumi dengan bulan adalah 384.400 kilometer. ’’Adanya konfigurasi matahari-bumi-bulan atau bisa juga matahari-bulan-bumi yang berada di posisi segaris membuat timbulnya pasang yang lebih besar,’’ katanya kemarin (12/6).

Dia menambahkan, potensi pasang laut tertinggi akan terjadi pada 14 Juni dan 14 Juli. Dengan begitu, nelayan disarankan untuk tidak melaut pada dua hari sebelum dan dua hari sesudah fenomena tersebut. Yakni, 12–16 Juni dan 12–16 Juli.

Berdasar peringatan dini yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemarin, gelombang tinggi antara 2,50 hingga 4 meter bakal terjadi di perairan sekitar Pulau Sumatera, mulai perairan utara Sabang, barat Aceh, Mentawai, Bengkulu, Lampung, hingga Samudra Hindia. Sementera itu, gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4– 6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-Jatim.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/tau/c7/cak



#Pertengahan #Juni #dan #Juli #Potensi #Pasang #Tinggi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.