Perputaran Dana ACT Rp 1 T Setahun, Sumbangan Diputar untuk Cari Cuan

  • Share
Perputaran Dana ACT Rp 1 T Setahun, Sumbangan Diputar untuk Cari Cuan

Radartarakan.co.id – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memperkirakan, perputaran dana dari lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) setiap tahunnya mencapai Rp 1 triliun. Uang donasi tersebut juga diduga digunakan untuk bisnis dari petinggi di ACT.

“Jadi, dana masuk dan keluar per tahun itu perputarannya sekitar Rp 1 triliun. Jadi, bisa dibayangkan itu memang banyak,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dalam konferensi pers di kantor PPATK, Jakarta Pusat, Rabu (6/7).

Berdasarkan hasil penelusuran PPATK, lanjut Ivan, dana-dana yang masuk dari masyarakat ke rekening ACT tidak langsung disalurkan sebagai sumbangan. Melainkan dikelola secara bisnis untuk menghasilkan keuntungan.

“Kami menduga ini merupakan transaksi yang dikelola dari bisnis ke bisnis. Sehingga, tidak murni menghimpun dana kemudian disalurkan kepada tujuan,” ucap Ivan.

Dia mencontohkan, dari temuan yang ada, ACT diduga melakukan transaksi keuangan dengan entitas perusahaan luar senilai Rp 30 miliar. Setelah ditelusuri, PPATK menemukan perusahaan itu merupakan milik salah satu pendiri ACT.

Kendati demikian, Ivan tidak menjelaskan secara rinci siapa sosok pendiri lembaga filantropi yang dimaksud. Saat ini, PPATK juga masih menelusuri aliran dana dari ACT.

“Kami menemukan ada transaksi lebih dari dua tahun senilai Rp 30 miliar yang ternyata transaksi itu berputar antara pemilik perusahaan yang notabene juga salah satu pendiri yayasan ACT,” pungkas Ivan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



#Perputaran #Dana #ACT #Setahun #Sumbangan #Diputar #untuk #Cari #Cuan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.