Perlindungan Hukum terhadap Anak Berstatus Dwi Kewarganegaraan

  • Share
Perlindungan Hukum terhadap Anak Berstatus Dwi Kewarganegaraan

Oleh: Putu Ayu Sriasih Wesna dan Josephine Carene Andrea

TERDAPAT dua macam jenis status kewarganegaraan yaitu, ius soli dan ius sanguinis. Asas ius soli adalah asas daerah kelahiran, artinya bahwa status kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh tempat kelahirannya. Asas ius sanguinis adalah asas keturunan atau hubungan darah, artinya bahwa kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh orang tuanya.

Aturan mengenai status kewarganegaraan menjadi sangat penting, karena jangan sampai terjadi seorang individu memiliki status Apatride atau Bipatride. Apatride memiliki pengertian bahwa seseorang tidak memiliki kewarganegaraan, sedangkan Bipatride adalah seseorang yang memiliki 2 (dua) kewarganegaraan yang dialami oleh orang yang dilahirkan oleh orang tua yang negaranya menganut asas ius sanguinis di dalam wilayah negara yang menganut asas ius soli.

Status kewarganegaraan tersebut memiliki pengaruh terhadap status pewarisan yang berlaku di negara Indonesia sebagai seorang ahli waris. Faktor penyebab seseorang kewarganegaraan ganda adalah orang tua melakukan perkawinan campuran dimana seseorang berkewarganegaraan Indonesia menikah dengan sesorang yang berkewarganegaraan asing.

Terjadinya status kewarganegaraan ganda seorang anak tidak hanya terjadi karena perkawinan campuran. Status kewarganegaraan ganda seorang anak juga dapat terjadi karena adanya perkawinan antara 2 (dua) orang yang berkewarganegaraan Indonesia. Kedua warga negara Indonesia ini melakukan perkawinan dengan hukum Indonesia, namun ketika mereka mempunyai anak, anak tersebut lahir di negara yang menganut ius soli.

Anak berkewarganegaraan ganda dapat mewarisi harta orang tuanya yang berkewarganegaraan Indonesia antara lain hak milik atas tanah. Pada batas waktu 18 tahun anak tersebut harus memilih untuk menjadi warga negara Indonesia agar dapat memiliki haknya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.



#Perlindungan #Hukum #terhadap #Anak #Berstatus #Dwi #Kewarganegaraan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.