Perkuat Kemitraan Global, Jokowi Usulkan Tiga Langkah Strategis

  • Share
Jangan Ada yang Bermain-main Minyak Goreng!

Radartarakan.co.id – Presiden Indonesia Joko Widodo alias Jokowi ikut memberikan masukan kepada negara-negara anggota G20 untuk bertindak segera dalam menghadapi tantangan dunia saat ini yang dinilai sangat berat. Diantaranya tantangan terhadap ketahanan pangan, ketahanan energi, hingga stabilitas keuangan yang makin sulit.

Guna mengatasi masalah tersebut, Presiden Jokowi pun mengusulkan tiga langkah yang harus dijalankan bersama oleh semua negara, yakni sinergi mengatasi emerging challenges, perkuat kemitraan global untuk Sustainable Development Goals (SDGs) dengan fokus pada pendanaan pembangunan dan penguatan sumber-sumber pertumbuhan baru.

“Pertama, sinergi untuk mengatasi emerging challenges. Sebagai Presiden G20 dan bagian dari Global Crisis Response Group, Indonesia akan terus berkontribusi untuk mengatasi masalah-masalah ketahanan pangan, energi, dan stabilitas keuangan,” kata Jokowi dalam pidatonya secara virtual pada High-level Dialogue on Global Development dari Istana Merdeka, Jakarta kemarin.

Dikatakan Jokowi, ada negara yang berinisiatif melakukan langkah tersebut, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri tanpa memperhitungkan suara negara berkembang dan saling bersinergi.

“Saya mencatat banyak inisiatif lain dari berbagai pihak. Berbagai inisiatif yang ada tersebut harus saling bersinergi dan saling memperkuat, harus memperhitungkan suara negara-negara berkembang, harus mengedepankan dialog,” ujar Jokowi.

Kepala negara memastikan akan mendorong negara-negara lain untuk memperkuat kemitraan global untuk SDGs dengan fokus pada pendanaan pembangunan. Menurut Jokowi, kesenjangan pendanaan SDGs yang meningkat dari USD2,5 triliun per tahun sebelum pandemi menjadi USD4,2 triliun per tahun pasca pandemi harus segera ditutup.



#Perkuat #Kemitraan #Global #Jokowi #Usulkan #Tiga #Langkah #Strategis

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.