Peringatan HKB Jangan Seremonial Saja

  • Share
Peringatan HKB Jangan Seremonial Saja

Radartarakan.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meminta peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) bukan hanya sekadar perayaan seremonial. Warga diminta semakin memiliki kesadaran terkait kebencanaan.

“Peringatan HKB adalah media untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan kita sebagai bangsa, khususnya masyarakat yang ada di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana,” kata Suharyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Suharyanto menjelaskan, peran aktif seluruh pihak pentaheliks (pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat, dan media) sangat penting untuk kefektifan pengurangan risiko bencana. Artinya, masyarakat harus bisa berpartisipasi dalam meningkatkan kapasitas, mulai dari tingkat individu, keluarga, hingga komunitas.

“Masyarakat bukan hanya sebagai objek saat bencana tiba, tapi juga harus bertindak sebagai subjek,” tambahnya.

Puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022 akan dilakukan di kawasan Gunung Merapi. Hal ini dipilih karena masyarakat di sekitar Gunung Merapi dinilai sudah memahami langkah dan konsep apabila terjadi bencana. Pengalaman bertahun-tahun masyarakatnya yang tinggal harmoni di kaki Gunung Merapi membentuk kesadaran dan kearifan lokal.

“Masyarakat sudah paham langkah-langkah yang harus dilakukan apabila Merapi mengalami erupsi,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Peringatan #HKB #Jangan #Seremonial #Saja

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.