Pergi Mencari Ilmu, Jasadnya Ditemukan Guru

  • Share
Pergi Mencari Ilmu, Jasadnya Ditemukan Guru

Radartarakan.co.id – Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akhirnya ditemukan setelah 14 hari proses pencarian di sungai Aare, Swiss, sejak dinyatakan menghilang terbawa oleh arus sungai pada 26 Mei 2022 lalu.

Jenazah Eril ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat. Jasadnya ditemukan masih utuh di Bendungan Engehalde, Sungai Aare, Swiss.

Eril pergi ke Swiss dalam rangka menuntut ilmu mencari kampus yang tepat untuknya guna melanjutkan pendidikan S2. Dia pun bersama rombongan keluarga sempat berenang di sungai Aare namun sayangnya Eril terbawa arus hingga dinyatakan meninggal dunia.

Uniknya, orang yang pertama kali menemukan jasad Eril adalah seorang guru SD di Swiss bernama Mrs. Geraldine Beldi. Dia menemukan jasad Eril di sungai Aare saat sedang melewati sungai dalam rangka mengajar. Melihat mayat di sungai Aare, Geraldine langsung menghubungi polisi setempat supaya dilakukan tindakan yang semestinya. Jasad Eril pun diangkat dan berhasil diselamatkan.

Berikut sejumlah fakta dari penemuan jenazah Eril hingga rencana pemakamkan, dirangkum Radartarakan.co.id:

Jasad Eril Ditemukan Setelah 14 Hari Pencarian

Upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sebenarnya dikerahkan dengan menejurkan banyak pihak. Selain dari kepolisian Maritim Bern, proses pencarian Eril juga melibatkan tim penyelam, klub pendayung, klub pemancing, hingga komunitas berkebun. Pencarian Eril juga dilakukan dengan menggunakan drone dan anjing pelacak dengan kemampuan khusus.

Mereka tidak menemukan jasad Eril sejak hari pertama dinyatakan hilang hingga lebih dari satu minggu dengan tantangan cuaca yang kurang bagus yang dihadapi. Sampai akhirnya jenazah Eril ditemukan oleh orang yang sama sekali tidak terlibat dalam proses pencarian.

Ditemukan Seorang Guru

Pada Rabu (8/6) pagi waktu Swiss, jasad Eril ditemukan oleh seorang guru SD bernama Mrs. Geraldine Beldi. Dia yang terbiasa melintasi sungai Aare dalam rangka pergi ke tempatnya mengajar tiba tiba melihat sosok mayat di sungai Aare, tepatnya di bendungan Engehalde. Usai melihat sesosok mayat, dia pun menghubungi pihak kepolisian setempat.

Hasil Tes DNA Identik

Setelah ditemukannya sesosok mayat di bendungan Engehalde, untuk memastikan apakah jasadnya memang benar Eril atau bukan, dilakukan tes DNA.Hasilnya menyatakan identik dengan Atalia Praratya, Istri dari Ridwan Kamil sebagaimana dalam unggahann di Instagram Story Atalia beberapa hari lalu.

Setelah adanya kepastian hasil tes DNA, pihak kepolisian setempat menyampaikan berkasnya ke pengadilan di Bern. Pihak pengadilan pun melakukan penetapan sehingga secara resmi dilakukan serah terima jenazah ke pihak keluarga.

Jasad Eril dalam Kondisi Utuh

Sekalipun sudah 14 hari berada di dalam sungai, jasad Eril tetap dalam keadaan utuh tidak kurang satu apapun . Ini karena kondisi air yang sangat dingin di sungai Aare dan minim fauna di sana. Ridwan Kamil bersaksi jasad Eril memiliki aroma wangi seperti wangi daun eucalyptus.

Dipulangkan Hari Ini

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dipulangkan dari Swiss ke Indonesia pada hari ini, Sabtu (11/6) pagi waktu setempat. Jenazahnya akan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Minggu (12/6) pagi. Setibanya di Jakarta, jenazah Eril akan langsung dibawa ke Bandung Jawa Barat untuk dilakukan prosesi pemakaman.

Dibuatkan Masjid

Rencananya prosesi pemakaman Eril akan dilaksanakan pada Senin (13/6) pagi di pemakaman keluarga yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ridwan Kamil mempersembahkan masjid sebagai hadiah spesial kepada putra sulungnya tersebut. Di samping pemakaman, nantinya akan dibangun sebuah masjid yang namanya diambil dari nama Eril, Masjid Al Mumtadz.



#Pergi #Mencari #Ilmu #Jasadnya #Ditemukan #Guru

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.