Perbup Larangan Kawin Kontrak Disahkan, Begini Kata KemenPPPA

  • Share
Perbup Larangan Kawin Kontrak Disahkan, Begini Kata KemenPPPA

Radartarakan.co.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyambut positif penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Cianjur Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Pencegahan Kawin Kontrak. Peraturan ini dinilai sebagai salah satu komitmen untuk memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak dari kekerasan termasuk Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), salah satu dengan modus kawin kontrak.

“Banyak perempuan dan anak yang masih menjadi korban modus kawin kontrak. Penguatan regulasi melalui diterbitkannya Perbup Nomor 38 Tahun 2021 bisa menjadi salah satu pilar dalam memastikan upaya penanganan kasus kawin kontrak bisa diminimalisasi khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujar Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan KemenPPPA, Ratna Susianawati kepada wartawan, Selasa (24/5).

Ratna mengatakan, pihaknya terus mendorong masyarakat, khususnya perempuan dan anak untuk berani melaporkan kasus kekerasan yang dilihat atau dialaminya. “Ini merupakan fenomena gunung es, artinya bisa terjadi kapanpun, dimanapun, dan bisa menimpa siapapun. Bahkan, masyarakat seringkali tidak menyadari bahwa dirinya mendapatkan ancaman dan iming-iming yang menjadikannya korban TPPO melalui modus kawin kontrak,” jelasnya.

Menurut Ratna, kawin kontrak menimbulkan berbagai dampak negatif bagi korban. Bisa berupa kekerasan dalam rumah tangga. Apalagi jika kawin kontrak melahirkan anak seringkali akan memunculkan permasalahan baru.

“Seperti proses tumbuh kembang anak, status dan pemenuhan hak sipil anak, bahkan stigma negatif. Oleh karena itu, kita semua perlu memastikan dan meminimalisasi agar kawin kontrak tidak terjadi di masyarakat,” jelas Ratna.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui, isu kawin kontrak yang merebak di wilayah Kabupaten Cianjur, khususnya di Kecamatan Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi belakangan menjadi pembahasan nasional yang diberitakan di berbagai media.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Perbup #Larangan #Kawin #Kontrak #Disahkan #Begini #Kata #KemenPPPA

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.