Penyaluran Dana Filantropi Meningkat Tajam saat Awal Pandemi

  • Share
Penyaluran Dana Filantropi Meningkat Tajam saat Awal Pandemi

Radartarakan.co.id – Tren penyaluran dana filantropi di Indonesia dalam tiga tahun ke belakang menunjukkan kenaikan. Bahkan kenaikan terbesar justru terjadi pada awal pandemi Covid-19, dengan total kenaikan penyaluran bantuan adalah sebesar 23,05 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo mengatakan, penelitian ini adalah bagian dari Philanthropy Outlook 2022 yang akan diluncurkan bersamaan dalam acara puncak Festival Filantropi Indonesia atau FIFest 2022 pada 13 Juni 2022. Menurutnya, filantropi agama memiliki kontribusi paling besar dalam penyaluran dana bantuan.

“Filantropi agama menyalurkan lebih dari 80 persen dari total penyaluran dana filantropi di tahun 2020, disusul oleh filantropi perusahaan,” kata Kunto kepada wartawan, Senin (30/5).

Kunto mengatakan, penyaluran dana oleh filantropi perusahaan naik paling drastis pada 2020 sebesar 41 persen dibanding tahun sebelumnya. “Pandemi Covid-19 membuat warga dan perusahaan di Indonesia semakin giat berbagi dengan sesama,” imbuhnya.

Tercatat, pertumbuhan penerima manfaat sebesar 42,15 persen dari 27,42 juta jiwa pada tahun 2019 menjadi 38,71 juta jiwa pada 2020. “Kegiatan filantropi di Indonesia telah menjangkau 91,6 juta jiwa dari tahun 2018-2020 yang merupakan pencapaian yang patut diapresiasi,” tukas Kunto.

Sementara itu, Deputi Baznas RI, Moh. Arifin Purwakananta sepakat dengan temuan tersebut. Menurutnya, filantropi agama sangat berperan di Indonesia, dapat dilihat dari jumlah zakat yang dihimpun oleh gerakan zakat dan zakat informal dari masyarakat.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Penyaluran #Dana #Filantropi #Meningkat #Tajam #saat #Awal #Pandemi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.