Pengurangan Risiko Bencana Bagian dari Investasi

  • Share
Pengurangan Risiko Bencana Bagian dari Investasi

Radartarakan.co.id – Dengan berbagai potensi bencana yang ada, pemerintah Indonesia memandang mitigasi kebencanaan sebagai investasi. Tujuannya, meminimalkan kerugian.

“Pengurangan risiko bencana adalah investasi yang efektif untuk mencegah kerugian di masa depan,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali kemarin (25/5).

Jokowi menyadari bahwa Indonesia adalah negara rawan bencana. Mulai gempa bumi disertai tsunami, letusan gunung berapi, hingga kebakaran hutan. ”Indonesia merupakan negara rawan bencana. Tahun 2022 saja, per 23 Mei telah terjadi 1.613 bencana. Rata-rata dalam sebulan terjadi 500 kali gempa, skala kecil maupun besar,” ungkapnya.

Jokowi menyatakan kesiapannya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait mitigasi bencana dalam upaya pengurangan risiko bencana. “Sebagai negara rawan bencana, Indonesia memiliki akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang bisa menjadi pelajaran penting bagi dunia,” tuturnya. Di sisi lain, Indonesia juga ingin belajar dari pengalaman internasional.

Ketua Panitia Nasional GPDRR Ke-7 Tahun 2022 Muhadjir Effendy menegaskan, Indonesia telah mengadopsi pendekatan pentaheliks berbasis masyarakat dalam mencapai resiliensi kebencanaan. Di Indonesia, hal itu dikenal dengan gotong royong.

”Pada tingkat komunitas, kolaborasi tersebut diimplementasikan melalui program seperti Taruna Siaga Bencana dan Desa Tangguh Bencana,” ujar menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (Menko PMK) itu.

Dia melanjutkan, Indonesia memiliki banyak kearifan lokal di bidang penanggulangan bencana yang memperkuat upaya-upaya lainnya. Di Bali, misalnya, ada filosofi Tri Hita Karana. Yakni, keseimbangan hubungan antara manusia, Tuhan, dan alam.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/tau/mia/lyn/c18/fal



#Pengurangan #Risiko #Bencana #Bagian #dari #Investasi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.