Pengetatan Moneter yang Tidak Tepat Waktu Tak Redakan Inflasi

  • Share
Pengetatan Moneter yang Tidak Tepat Waktu Tak Redakan Inflasi

Radartarakan.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan, pengetatan kebijakan moneter yang tidak tepat waktu dan terlalu ketat tidak akan berdampak signifikan pada penurunan inflasi. Sebab, akan terjadi ketidakseimbangan dari sisi suplai.

Adapun saat ini banyak negara yang inflasinya meningkat karena produksi yang kalah dengan permintaan. Di sisi lain, pengetatan kebijakan moneter hanya berdampak pada faktor permintaan saja.

“Kalau kebijakan makro fiskal dan moneter terlalu cepat atau ketat, yang tujuannya akan mempengaruhi sisi demand, itu tidak menyelesaikan masalah sisi suplai,” tutur dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI, Rabu (8/6).

Konflik antara Rusia dan Ukraina serta masih adanya pandemi Covid-19 di sejumlah negara pun membuat suplai daripada komoditas, seperti minyak mentah, gandum, batu bara serta gas menjadi terhambat.

“Inflasi di dunia saat ini dikontribusi dari sisi produksi atau suplai lebih dominan dibandingkan kontribusi dari sisi permintaan akibat perang maupun pandemi,” jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Pengetatan #Moneter #yang #Tidak #Tepat #Waktu #Tak #Redakan #Inflasi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *