Penelitian Ungkap Alasan Virus Cacar Monyet Mudah Menyebar di Dunia

  • Share
Penelitian Ungkap Alasan Virus Cacar Monyet Mudah Menyebar di Dunia

Radartarakan.co.id – Kontroversi status penyakit cacar monyet menjadi pandemi masih belum diputuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sejauh ini, sudah ada lebih dari 3 ribuan kasus di dunia di lebih dari 50 negara. Para ahli menyelidiki mengapa virus ini mudah menyebar.

Jenis virus dalam wabah cacar monyet saat ini di negara-negara nonendemik kemungkinan menyimpang dari virus cacar monyet yang menyebabkan wabah Nigeria 2018-2019. Artinya, para ahli memperkirakan, virus jenis kali ini memiliki lebih banyak mutasi daripada yang diperkirakan. Hal itu terungkap dengan meningkatnya penularan, menurut sebuah penelitian hari ini di Nature Medicine.

Studi ini berasal dari Institut Kesehatan Nasional Portugal di Lisbon, yang merupakan institusi pertama yang secara genetik mengurutkan jenis virus saat ini di balik lebih dari 3 ribu kasus cacar monyet di Eropa, Amerika Utara, dan wilayah lain yang belum pernah melihat virus hingga tahun ini. Para peneliti menemukan strain saat ini menyimpang dari strain asli dengan 50 polimorfisme nukleotida tunggal (SNP), dan beberapa mutasi membuat virus lebih menular.

Strain milik clade 3 dari strain Afrika Barat virus, yang kurang fatal daripada clade Congo Basin. Wabah cacar monyet dari clade 3 biasanya dilaporkan dari Kamerun barat ke Sierra Leone dan biasanya membawa tingkat fatalitas kasus kurang dari 1 persen.

Para penulis mengatakan wabah itu kemungkinan bukan disebabkan oleh penyebaran diam yang tidak terdeteksi, atau dari peristiwa persilangan hewan-ke-manusia. Sebaliknya, data saat ini menunjukkan skenario lebih dari satu kontak dengan peristiwa penyebar super.

“Misalnya, sauna yang digunakan untuk pertemuan seksual dan perjalanan ke luar negeri kemungkinan memicu penyebaran cepat di seluruh dunia,” kata laporan itu seperti dilansir dari CIDRAP, Selasa (28/6).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Penelitian #Ungkap #Alasan #Virus #Cacar #Monyet #Mudah #Menyebar #Dunia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.