Pemerintah Dorong Percepatan Transformasi Penyiaran Digital

  • Share
Pemerintah Dorong Percepatan Transformasi Penyiaran Digital

Radartarakan.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berupaya mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional. Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengamanahkan, program Analog Switch Off harus diselesaikan dua tahun setelah UU tersebut disahkan.

’’Untuk itulah dalam Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, Menteri Kominfo Bapak Johnny G Plate telah berikhtiar untuk menetapkan program Analog Switch Off sebagai salah satu program prioritas yang mesti diselesaikan sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh undang-undang tersebut,” kata Philip Gobang dalam keterangannya, Jumat (24/6).

Menurut Philip Gobang, dalam menindaklanjuti UU Cipta Kerja, Pemerintah juga telah menerbitkan peraturan turunan, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Kemudian, ketentuan lebih teknis dalam peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 yang telah diperbaharui dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran yang didalamnya terdapat pengaturan tahapan siaran televisi analog.

’’Terkait hal tersebut, perlu ditindaklanjuti juga oleh Pemerintah dengan percepatan persiapan migrasi siaran televisi analog ke digital. Proses besar ini akan berdampak pada masyarakat yang menonton siaran televisi terestrial analog sehari-harinya di seluruh Indonesia,” papar Philip.

Philip Gobang menegaskan, tujuan besar dari sistem penyiaran digital yang didorong saat ini menyangkut beberapa hal penting, di antaranya efisiensi penggunaan spektrum, efisiensi infrastruktur industri penyiaran, juga peningkatan kualitas siaran.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan



#Pemerintah #Dorong #Percepatan #Transformasi #Penyiaran #Digital

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *