Pemerintah Dorong G20 Antisipasi Pertumbuhan Ekonomi Digital

  • Share
Pemerintah Dorong G20 Antisipasi Pertumbuhan Ekonomi Digital

Radartarakan.co.id – Pemerintah mendorong peningkatan konsensus di tingkat global untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan ekonomi digital. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, dalam Presidensi G20 Indonesia, hal itu menjadi pembahasan utama dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG).

Dia menegaskan, Indonesia menekankan arti penting kerja sama untuk transformasi digital yang lebih inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Karena itu, dalam Presidensi G20 Indonesia mendorong komunalitas untuk menumbuhkan kesadaran global akan pentingnya konektivitas jaringan fisik dan interkonektivitas sosial, serta keamanan digital.

’’Sebagai Presidensi G20 tahun ini melalui kepemimpinan pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20, Indonesia mempromosikan tema mencapai pemulihan yang tangguh,” kata Jhonnya, Selasa (26/4). “Tema ini juga mencakup tiga isu prioritas. Pertama, konektivitas dan pemulihan pasca Covid-19. Kedua, keterampilan digital dan literasi digital, serta ketiga, aliran data bebas dengan kepercayaan dan aliran data lintas batas,” sambungnya.

Menurut Johnny, dalam isu prioritas pertama, Indonesia mengusulkan kepada anggota G20 untuk mengakui peningkatan konektivitas digital dan kerja sama mewujudkan manusia secara digital melalui jaringan konektivitas.

’’Hal ini selanjutnya dapat membantu menciptakan kewirausahaan digital dan bisnis untuk tetap inovatif, dan tangguh di era ekonomi digital yang ekspansif. Penekanan pada konektivitas digital yang paling penting,” tegasnya.

Dalam isu prioritas kedua, Presidensi G20 Indonesia mengajukan perumusan toolkit G20 untuk mengukur keterampilan digital dan literasi digital. Menurut Jhonny Indonesia mendorong toolkit itu sebagai kerangka kerja untuk mengukur berbagai tingkat literasi dan keterampilan digital, termasuk keterampilan terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan



#Pemerintah #Dorong #G20 #Antisipasi #Pertumbuhan #Ekonomi #Digital

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.