Pemerintah Diminta Tak Ragu Jalankan Putusan MA soal Vaksin Halal

  • Share
Pemerintah Diminta Tak Ragu Jalankan Putusan MA soal Vaksin Halal

Radartarakan.co.id – Pemerintah diharapkan segera menjalankan putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kewajiban menyediakan vaksin Covid yang halal. Pengadaan vaksin halal di tengah masyarakat akan berdampak positif bagi Pemerintah.

“Keseriusan dan kecepatan pemerintah dalam mengeksekusi perintah putusan MA terkait vaksin Covid halal ini adalah sangat penting. Bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim itu sebuah fakta. Pertimbangan kehalalan vaksin adalah hal penting. Karena itu pemerintah tak perlu ragu lagi untuk mengeksekusinya,” kata Ketua Umum KA-KAMMI Rahman Toha Budiarto, Selasa (17/5).

Rahman menjelaskan, ada beberapa hal yang semestinya diperhatikan pemerintah terkait putusan MA ini. Pertama, Pemerintah perlu menerima keputusan MA terkait vaksin halal ini dengan positif.

“Keputusan ini secara langsung memberikan dukungan moral dan formal bagi upaya-upaya penanggulangan pandemik Covid-19 secara luas,” ucap Rahman.

Kedua, lanjut Rahman, Pemerintah harus membuat perencanaan jangka pendek dan panjang terkait pemenuhan vaksin halal. Menurutnya, dengan jumlah penduduk muslim Indonesia sebesar 237 juta jiwa, merupakan angka yang sangat besar dan perlu prioritas untuk merealisasikannya ditengah keterbatasan penyediaan vaksin yang ada.

“Ketiga, pemerintah juga harus serius untuk memproduksi vaksin dalam negeri, karena selain akan mudah dalam mendorong/mengawasi kehalalan vaksin, juga akan memperkuat ketahanan nasional pada aspek kesehatan dan kemandirian bangsa,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan judicial review terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99
Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin. Putusan itu diketok ketua majelis Prof Supandi dengan anggota Is Sudaryono dan Yodi Martono beberapa waktu lalu.

Judicial review itu diajukan oleh Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI). Adapun termohon adalah Presiden RI Joko Widodo.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



#Pemerintah #Diminta #Tak #Ragu #Jalankan #Putusan #soal #Vaksin #Halal

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *