Pemda Harus Terus Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah

  • Share
SIPD Hemat Anggaran Pembuatan Sistem Informasi di Daerah

Radartarakan.co.id – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus memberikan pengetahuan terkait transparansi keuangan daerah kepada aparatur sipil negara (ASN) hingga kepala daerah. Hal ini sebagai upaya mencari solusi dalam menangani keuangan daerah.

“Hal ini dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan daerah, sosialisasi kebijakan dan peraturan perundangan, penyampaian informasi aktual dan terkini, best practice dan inovasi pengelolaan keuangan daerah, sekaligus mencari solusi dan strategi dalam memecahkan persoalan dibidang pengelolaan keuangan daerah,” kata Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni dalam keterangannya, Kamis (7/7).

Agus mengutarakan, pihaknya juga selalu mengingatkan ASN untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam bidang pengelolaan keuangan daerah. Bahkan, sampai saat ini sudah memberikan sertifikat kepada 19.425 peserta yang mengikuti peningkatan kapasitas keuangan daerah.

“Setiap peserta yang memenuhi syarat, dengan identitas yang jelas, akan diberikan setifikat elektronik sebagai bentuk apresiasi dalam mengikuti literasi bidang keuangan daerah,” ucap Fatoni.

Fatoni pun mengapresiasi, ‘Webinar Keuda Update’ banyak diminati dan mendapatkan atensi dari masyarakat umum maupun Pemerintah Daerah. Salah satu yang memperoleh atensi tinggi di antaranya mengenai tema Kebijakan Pemberian TPP Pada Pemerintah Daerah, serta Percepatan Realisasi APBD dan Penunjukan Pejabat di Lingkungan Pemda.

Karena itu, Fatoni mengingatkan Pemerintah daerah, masyarakat umum, baik dari unsur ASN maupun non ASN tak bosan untuk meningkatkan kualiatas SDM dalam hal pengelolaan keuangan daerah. Terlebih, apresiasi berupa sertifat yang diperoleh dari Kemendagri bisa digunakan untuk kenaikan pangkat.

“Ini termasuk inovasi kita. Ini terus kita perhatikan dan terus kita kembangkan lagi,” pungkas Fatoni.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan



#Pemda #Harus #Terus #Tingkatkan #Kapasitas #Pengelolaan #Keuangan #Daerah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *