Pekerja Migran Ilegal Ajak Anak Menyeberang ke Malaysia

  • Share
Pekerja Migran Ilegal Ajak Anak Menyeberang ke Malaysia

Radartarakan.co.id – Kasus penyelundupan pekerja migran Indonesia (PMI) seperti tak ada habisnya. Terbaru, TNI-AL menggagalkan penyelundupan PMI ilegal yang hendak bertolak ke Malaysia melalui Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Upaya penyelundupan tersebut digagalkan Satuan Tugas Marinir Ambalat XXVII pada Sabtu (28/5). Satgas itu merupakan bawah kendali operasi (BKO) dari Komando Armada (Koarmada) II. Secara keseluruhan ada 30 orang yang diamankan satgas. Sebanyak 24 di antaranya orang dewasa, sedangkan enam lainnya masih anak-anak. Rencananya, mereka diselundupkan melalui Pelabuhan Haji Mukhtar ke Sebatik. Kemudian dikirim ke Tawau, Malaysia. Para PMI itu diketahui tidak memiliki dokumen resmi.

Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal) Nunukan Letkol Laut (P) Arif Kurniawan menyampaikan, seluruh PMI ilegal bersama anak-anak yang turut mereka amankan sudah diserahkan kepada pihak berwenang, yakni Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). ”Tentunya kami akan tetap memantau situasi keamanan wilayah perbatasan yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama,” ujarnya kemarin (29/5).

TANPA DOKUMEN: Puluhan PMI yang diamankan TNI-AL saat hendak menyeberang ke Malaysia melalui Kalimantan Utara. (DISPENAL FOR JAWA POS)

Pergerakan puluhan PMI ilegal itu terdeteksi setelah tim intelijen Lanal Nunukan mendapat informasi dan melakukan pengintaian. Arif menyebutkan, pengintaian dilaksanakan di dua titik, yakni Sungai Mentadak Kecil dan Sungai Akoy. Hasilnya, mereka menemukan aktivitas mencurigakan. Setelah disergap, baru diketahui, aktivitas tersebut merupakan upaya penyelundupan PMI ilegal ke Malaysia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Wilayah Kaltara Kombes Jaya Ginting menyebutkan, keberhasilan TNI menggagalkan upaya penyelundupan PMI ilegal sangat berarti. Dia menegaskan, setiap WNI yang akan bekerja di luar negeri harus memiliki dokumen resmi. Termasuk yang akan bekerja di Malaysia.

Selain menggagalkan penyelundupan PMI, TNI-AL berhasil mengamankan 380 kilogram daging sapi yang akan diselundupkan dari Malaysia ke Indonesia. Mereka juga menangkap kapal bermuatan 116 ballpress pada Jumat (27/5).



#Pekerja #Migran #Ilegal #Ajak #Anak #Menyeberang #Malaysia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *