One Way Tuntas, Tingkat Kecelakaan Turun 31 Persen

  • Share
One Way Tuntas, Tingkat Kecelakaan Turun 31 Persen

Radartarakan.co.id – Pengamanan dan rekayasa lalu lintas dalam arus mudik dan balik Lebaran 2022 diakhiri tanpa ada kejadian menonjol seperti kemacetan yang mematikan. Selain itu, terjadi penurunan angka kecelakaan yang mencapai 31 persen.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menuturkan, rekayasa lalu lintas berupa one way (satu arah) dan ganjil genap diputuskan diakhiri. Kebijakan itu diambil berdasar data terjadinya penurunan volume kendaraan arus balik. ”Kondisi dan situasi jalan tol sudah lancar,” ujarnya.

Korlantas telah melaporkan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa one way dan ganjil genap yang diperpanjang hingga 6 Mei tuntas. Dia mengatakan, jajaran Korlantas mengakhirinya dengan menyisiri jalan tol dari Km 414 Kalikangkung hingga ke Km 70 dan akhirnya sampai ke kantor Korlantas. ”Rombongan menyisir jalan tol sampai ke kantor kami, pusat koordinasi pelayanan masyarakat dalam pengaturan jalan,” terangnya.

Menurut dia, berdasar data kecelakaan Operasi Ketupat 2022, diketahui terjadi penurunan angka kecelakaan. Persentasenya mencapai 31 persen. ”Bila dibandingkan dengan mudik Lebaran 2019 lho, sebelum pandemi,” tegasnya.

Tingkat fatalitas dalam kecelakaan juga mengalami penurunan. Dengan begitu, kata dia, keselamatan rakyat yang merupakan hukum tertinggi dilaksanakan jajaran Korlantas. ”Semoga juga Covid-19 tidak kembali menyebar,” ujarnya.

Sementara itu, Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Gatot Repli Handoko menyatakan, kemarin (9/5) dipastikan semua gerbang tol ke arah Jakarta ramai lancar. Perkiraan waktu tempuh 5 jam 40 menit. ”Waktu tempuh normal,” katanya.

Waktu tempuh tersebut, lanjut dia, dinilai normal karena petugas kepolisian tidak perlu menerapkan one way dan ganjil genap. Berbeda dengan sehari sebelumnya, waktu tempuh 5 jam 40 menit bisa dilakukan karena diakselerasi dengan one way dan ganjil genap. ”Ini tanpa rekayasa lalu lintas,” tegasnya.



#Tuntas #Tingkat #Kecelakaan #Turun #Persen

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *